Senin, 22 Desember 2014
Tribun Kaltim

Balikpapan Tambah Terumbu Karang

Senin, 14 Maret 2011 19:36 WIB

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Pemkot kembali menambah terumbu karang di perairan Balikpapan. Hari ini, Selasa (15/3) akan ditanam 12 unit terumbu karang di sekitar obyek wisata Pantai Manggar, Balikpapan Timur.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, Perikanan, Chaidar Chairulsyah kepada Tribun (14/3) di Kantor Walikota. Ia menjelaskan, terumbu karang bantuan PT Thiess tersebut akan ditanam secara simbolik oleh Walikota Imdaad Hamid.

Penanaman terumbu karang, lanjutnya, merupakan upaya perbaikan biota laut di Balikpapan. Diantaranya menjadi sumber makanan hewan laut yang dikonsumsi manusia. Serta melindungi pantai dan penduduk dari hantaman ombak dan arus.

Berdasarkan catatan DPKP, dari sekitar 45 km panjang garis pantai Balikpapan, hanya 10 persen yang memiliki padang lamun dan terumbu karang dalam kondisi baik. Sehingga masih butuh waktu yang cukup lama untuk memperbaiki seluruhnya.

"Keadaan di sekitar pesisir laut kita sudah cukup rusak akibat minimnya pengetahuan mengenai keberadaan dan manfaat terumbu karang. Untuk itu perlu adanya perbaikan. Salah satunya dengan menanam terumbu karang ini," ujar Chaidar.

Saat ini, penanaman terumbu karang masih diprioritaskan di sekitar obyek wisata. Ini dilakukan sebagai upaya mendukung optimalisasi potensi wisata bahari di Balikpapan. Sementara untuk pengawasan terumbu karang akan dilakukan oleh Bidang Kelautan DPKP. (*)
Editor: Sumarsono

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas