Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Kaltim

Kecamatan Kaliorang-Kutim Perjuangkan Eksplorasi Sumur Minyak

Rabu, 16 Maret 2011 14:35 WIB

SANGATTA, tribunkaltim.co.id- Kecamatan Kaliorang, Kabupaten Kutai Timur (Kutim)  terus berupaya memperjuangkan kerjasama eksploitasi 11 titik sumur minyak di kawasan tersebut. Namun upaya pihak kecamatan terganjal belum terbitnya izin dari BPMigas dan kontrak kerjasama dengan Pertamina.

Mantan Camat Kaliorang, yang kini menjadi Camat Sangkulirang, Hormansyah, mengatakan upaya tersebut sudah dilakukan lebih dari dua tahun. "Kami sudah melengkapi berbagai persyaratan. Pertamina dan BPMigas sudah meninjau di lapangan, namun belum ada realisasi," katanya, Rabu (16/3/2011).

Padahal sumur di Kaliorang terkategori potensial. "Ada 11 titik sumur tua peninggalan Belanda di Kaliorang. Telah dilakukan peninjauan oleh Pertamina dan BP Migas. Diperkirakan satu sumur bisa menghasilkan 10 sampai 20 barel minyak per hari," katanya.

Pola kerjasama yang dijajaki berupa pembayaran setiap liter minyak yang dihasilkan kepada pihak Koperasi Unit Desa (KUD) selaku badan hukum yang dinilai memiliki sumur tua tersebut. Namun hingga saat ini belum ada kepastian dari BPMigas dan Pertamina.(*)
Penulis: Kholish Chered
Editor: Fransina

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas