Sabtu, 28 Februari 2015

Tangkap Khadafy!

Senin, 27 Juni 2011 20:50 WITA

TRIBUNKALTIM.co.id  - Surat perintah penangkapan terhadap pemimpin Libya Moammar Khadafy keluar Senin (27/6/2011). Pihak Mahkamah Kejahatan Internasional (ICC) yang meneken surat itu. Artinya, sebagaimana warta AP dan AFP, Khadafy menjadi buronan internasional.

Tak cuma itu, ICC juga melansir surat senada untuk putera Khadafy, Saif. Lalu, surat yang sama juga dikeluarkan untuk Kepala Badan Intelijen Libya Abdullah al-Senussi. Ketiganya didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Jaksa di ICC, Luis Moreno-Ocampo mengatakan Minggu kejahatan terhadap kemanusiaan terus berlanjut di Libya. "Karena alasan itulah, Khadafy harus ditangkap," kata Ocampo.

Pada Mei lalu Moreno-Ocampo meminta mahkamah mengeluarkan surat penangkapan untuk Khadafy. Kala itu, Khadafy dianggap terlibat dalam pembunuhan terhadap para pengunjuk rasa setelah Dewan Keamanan PBB melimpahkan masalah ini ke ICC.

Keputusan ICC ini disambut baik Menteri Luar Negeri Inggris, William Hague. Hague mengatakan surat penangkapan dari Mahkamah Kejahatan Internasional ini menunjukkan Khadafy telah kehilangan semua legitimasi.
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About us

Help

Atas