Sabtu, 23 Mei 2015
Home » News » Salam

Institut Teknologi Kalimantan

Sabtu, 10 September 2011 13:00

Institut Teknologi Kalimantan
jengjuminten-juminten.blogspot.com
Teknologi jadi tulang punggung masa depan

Kalimantan secara umum masuk wilayah tengah, meski dalam pembagian waktu ada sebagian masuk Indonesia Barat, tetapi tingkat kemajuan dan kondisinya sami mawon alias sama saja dengan wilayah Kalimantan lainnya.

Kekayaan alam yang luar biasa di pulau terbesar ini ternyata tidak serta merta mengubah wajah Kalimantan menjadi jauh lebih baik atau lebih sejahtera dibanding di wilayah Indonesia Barat, Jawa dan Sumatera. Malahan kondisinya semakin 'merusak', terutama sumber daya alam (SDA) wilayah ini seolah dikuras habis-habisan untuk keperluan nasional.

Pembangunan supra maupun infrastruktur jauh tertinggal, jalur Trans-Kalimantan yang telah diawali pembangunannya sejak zaman Orde Lama, berlanjut ke Orde Baru terus ke Orde Reformasi ternyata belum terhubung secara keseluruhan.

Harus ada lompatan jauh ke depan untuk mensejajarkan Kalimantan dengan Jawa dan Sumatera. Tanda-tanda itu bukan tidak ada meski harus diakui tampak samar dan jauh. Kini suasananya agak berbeda, setelah muncul pernyataan dari Walikota Balikpapan H. Rizal Effendy bahwa dia akan memanfaatkan kehadiran Mendiknas M. Nuh bahwa Balikpapan dan Pemprov Kaltim telah siap menyediakan lahan minimal 200 hektare untuk rencana pembangunan kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK).

Pekan depan, Poltekba dari yayasan akan dialih statusnya menjadi Politeknik Negeri Balikpapan, Mendiknas hadir pada acara itu. Rencana pembangunan ITK di Balikpapan, kata Rizal, muncul dari tantangan M Nuh. Menurut Rizal, Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) memiliki rencana membangun institut teknologi di Kalimantan. Kata Rizal, waktu itu Pak Menteri bilang apakah Balikpapan siap menyediakan lahan minimal 200 hektare, untuk pembangunan ITK 2012 nanti di Balikpapan?

Pemkot kini telah menyiapkan beberapa alternatif lahan yang sebagian besar berada di wilayah utara Balikpapan. Di antaranya Kariangau, Teritip atau Karang Joang. Diimpikan, kelak ITK  di Balikpapan itu akan setara dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS).

Tahun 2012, Kemendiknas akan mengalokasikan dana untuk pembuatan Detail Engineering Design (DED) ITK, lahan disiapkan 2011 ini, kemudian DEDnya 2012, dan pembangunan fisiknya bisa dimulai 2013 mendatang," pungkas Rizal.

Halaman12
Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About us Help
Atas