Senin, 24 November 2014
Tribun Kaltim

PT ECI Bersedia Berhenti Beroperasi Sementara

Kamis, 29 September 2011 21:47 WIB

SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - PT Energi Cahaya Industri (ECI) akhirnya bersedia untuk berhenti beraktifitas di wilayah RT 23 dan RT 26 keluarahan Bukuan Palaran selama belum ada titik temu antara perusahaan dan masyarakat.

Hal itu setelah warga dipertemukan oleh lurah Bukuan, Willy Prameswanto di aula Kelurahan Bukuan, Kamis (29/9/2011). Pertemuan ini dihadiri pihak Kelurahan, Kepolisian, TNI serta warga RT 23 dan RT 26.

Pertemuan ini berlangsung tertib dan aman, walaupun suasana sempat emosional diantara warga dikarenakan kesalahan pengertian antara sesama warga. Pernyataan seorang warga yang mengatakan bahwa PT ECI tetap bisa beroperasi ternyata disalah tafsirkan warga masyarakat.

Melihat situasi yang mulai tidak kondusif untuk bermusyawarah,  pihak Kelurahan, Kepolisian dan TNI memberikan penjelasan untuk menenangkan warga. "Saya mengerti yang dimaksud perwakilan warga tadi. Dan itu benar, permintaan warga adalah PT ECI tidak boleh beroperasi di wilayah RT 23 dan RT 26. Bukan Menutup PT ECI secara keseluruhan," pungkas Kepala Desa Bukuan dalam pertemuan dan penjelasannya dapat diterima warga hingga suasana kembali kondusif.

Setelah mendapat  penjelasan dan janji dari PT ECI, warga tetap tidak  bergeming dengan keputusannya. PT ECI tidak boleh beroperasi di wilayahnya.

"Intinya kami semua, warga RT 23 dan RT 26 kelurahan Bukuan Palaran menyatakan sepakat bahwa PT ECI tidak diperkenankan beroperasi di wilayah kami untuk selamanya," pungkas Wirono Ketua RT 23 yang disambut tepuk tangan warga.

Pihak manajemen PT yang diwakili  Simamora tidak dapat berbuat banyak. Menurut Simamora, pihak yang datang menemui warga tidak dalam kapasitasnya mengambil keputusan. Ia mengatakan akan berkoodinasi lagi dengan pemegang keputusan di PT ECI. Terkait operasi yang sedang berjalan, Simamora bersedia menyanggupi untuk tidak beroperasi sebelum diadakan pertemuan kembali.
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas