• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 3 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Ustad Soulmate Pernah Jual Pisang Goreng

Jumat, 30 September 2011 17:29 WIB
Ustad Soulmate Pernah Jual Pisang Goreng
Ustad Soulmate
TENGGARONG, tribunkaltim.co.id- Di balik ketenaran namanya sekarang, Ustad Soulmate tak pernah melupakan cerita masa kecilnya dulu. Anak tunggal pasangan Nadjamuddin dan Salmahini ini memiliki pahit getir pengalaman hidup yang sangat bertolak belakang dengan kondisinya sekarang.

Ketika masuk pendidikan Madrasah Aliyah (setingkat SMA) tahun 1999, Ustad Soulmate mengaku pernah berjualan pisang goreng sembari menimba ilmu.

Ini diungkapkannya saat mengisi ceramah dalam acara Halal bi Halal PT Asa Sumber Rezeki di Loa Kulu, Kamis (29/9) malam. Tahun 1999, uang modal usaha ayahnya dibawa lari rekannya. "Ayah saya bangkrut. Saya nyaris putus sekolah," ujar pemilik nama asli Shaleh Mahmud itu. Lalu, dia meminta ibunya untuk membuatkan pisang goreng sebaskom untuk dijual kepada teman-temannya di Madrasah Aliyah.

"Temen-teman ini kadang-kadang pintar, bayar 2 biji tapi ambil pisang 4 biji," katanya disambut tawa seluruh tamu undangan. Kendati demikian, ia mengaku masih untung. Dia menyerahkan semua uang hasil jualan pisang goreng kepada ibunya.

Dari hasil jualan pisang goreng, dia bisa terus bersekolah. Dia tinggal dalam sebuah kamar ukuran 4x4 meter. Selama 9 tahun dia tidur dalam kamar sempit tanpa kasur, berbagi dengan motor dan lemari pakaian. "Saya tidur beralaskan sajadah," tutur ustad yang dikabarkan dekat dengan penyanyi Syahrini itu. Namun, kata dia, di balik kesulitan pasti ada kemudahan.

"Allah punya maksud atas ujian itu," imbuhnya. Dia menyambung pendidikannya di Universitas Syarif Hidayatullah (UIN) Jakarta. Dia berjualan baju dan parfum untuk membiayai kuliahnya hingga lulus 2006 lalu. Ustad Soulmate bertemu dan bersahabat dengan Uje (Ustad Jeffry Al Buchori). Hingga kemudian, Uje mengajaknya ceramah bareng dalam acara Damai Indonesiaku yang ditayangkan TV One.

"Waktu itu saya diberi waktu cuma 3 menit untuk tampil. Setelah itu, Uje dan David Chalik selaku host acara tersebut mengusulkan nama buat saya. David bilang kalau Ustad Jeffry disingkat menjadi Uje, lalu kalau Shaleh Mahmud menjadi Salmud atau Salmah. Tapi, saya langsung memotong bagaimana kalau Ustad SolMed (soulmate) yang kepanjangan dari Soleh Mahmoed," ujarnya.

Sejak itu, sebutan soulmate (pasangan jiwa) melekat dalam dirinya. Tak hanya ceramah, sejumlah produser mulai menawarinya bermain sinetron, salah satunya Pesantren dan Rock n Roll. Dia menerima tawaran main sinetron itu karena ada nilai syiarnya. Apalagi tayangan sinetron lebih diminati para pemirsa.

Kini wajah ustad yang masih lajang ini kerap menghiasi sejumlah stasiun televisi swasta dalam berbagai acara ceramah reguler. Selain itu, salah satu brand busana muslim pria terkenal memakai dirinya untuk menjadi ikon produk tersebut. Di tengah ketenarannya saat ini, Ustad Soulmate tetap tampil bersahaja.

"Saya masih tinggal di kamar ukuran 4x4 meter. Ibu dan bapak sekalian bisa mampir ke kediaman saya. Namun, saya ingin membangunkan rumah buat ayah dan ibu yang tinggal dalam rumah kontrakan yang hampir roboh. Doakan saya," ujarnya.
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
16921 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas