Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Kaltim

64 Persen WC Sekolah tak Memenuhi Syarat Kesehatan

Kamis, 17 November 2011 10:39 WIB

64 Persen WC Sekolah tak Memenuhi Syarat Kesehatan
niko ruru/tribun kaltim
Bupati Nunukan Basri, Kamis (17/11/2011) disela pencanangan PHBS, menyerahkan bantuan speedboat kepada tiga puskesmas di Kabupaten Nunukan.
NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Kepala Dinas Kesehatan Nunukan Dokter Andi Akhmad mengatakan, dari seluruh sekolah yang ada di Pulau Nunukan, hanya 36 persen sekolah yang memiliki WC memenuhi syarat kesehatan. Dengan demikian masih 64 persen sekolah yang WC-nya tidak sehat.


"Rata-rata ada WC tetapi tidak bersih. Ada juga yang sudah bersih seperti SD 004 Nunukan. Tapi yang belum memenuhi syarat kesehatan masih banyak," ujar Akhmad, Kamis (17/11/2011) di SD 005 Nunukan, disela pencanangan perilaku hidup bersih dan hidup sehat (PHBS).


Akhmad mengatakan, kebersihan WC di sekolah menjadi perhatian Dinas Kesehatan Nunukan. Mengingat WC merupakan sarang penyakit.


Bisa saja anak-anak sekolah masuk ke WC yang kotor, memegang kuman lalu makan tanpa mencuci tangan dengan bersih. Akibatnya mereka dengan mudah terserang diare.


"Anak saya mau buang air harus pulang ke rumah karena WC di sekolah jorok, airnya sedikit," ujarnya.


Kebersihan WC merupakan bagian dari perilaku hidup bersih dan hidup sehat. Pihaknya berharap agar semua sekolah membuat WC masing-masing menjadi bersih.


"Tidak usah mewah tetapi bersih. Perilaku ini pelan-pelan kita laksanakan," ujarnya.


Untuk mendukung perilaku hidup bersih dan hidup sehat di sekolah, Dinas Kesehatan akan meminta Bupati Nunukan agar mengeluarkan instruksi Bupati.


"Dengan instruksi Bupati nanti Dinas Pendidikan yang menindaklanjuti karena dia yang punya rumah. Kami dari luar membantu saja. Buat tempat cuci tangan dan WC berapa sih?" ujarnya.


Andi juga mengajak masyarakat melalui komite sekolah agar berperan aktif mewujudkan PHBS di sekolah. Sebab kesehatan bukan hanya menjadi tanggungjawab pemerintah. "Apalagi yang sekolah di situ kan anaknya juga," ujarnya.
Penulis: Niko Ruru
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas