• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Pabrik Kaltim-5 PKT Bontang Butuh 2.000 Pekerja Lokal

Senin, 9 Januari 2012 16:47 WIB
Pabrik Kaltim-5 PKT Bontang Butuh 2.000 Pekerja Lokal
BONTANG, tribunkaltim.co.id --Field Business Manager PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT), Budi Sulistyo mengatakan untuk membangun pabrik Kaltim-5, pihaknya bakal merekrut sekitar 2.000 pekerja lokal.

Kebutuhan tenaga kerja tersebut merupakan angka kumulatif selama proses pembangunan berlangsung sekitar 33 bulan. "Perkiraan kami proyek ini akan menyerap sekitar 2.000 karyawan selama proses pembangunan berlangsung," ujar Budi Sulistyo, saat mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPRD di ruang rapat 2 DPRD Bontang, Senin (9/1/2012).

Rencana rekruitmen tenaga kerja lokal ini tidak hanya dilakukan oleh PT IKPT, selaku main contractor/kontraktor utama, tapi juga akan dilakukan oleh seluruh perusahaan subkontraktor yang menjadi rekanana IKPT.

 Budi mengatakan, saat ini terdapat sekitar 30 perusahaan subkon yang mengikuti proses seleksi untuk menjadi subkon pada pembangunan pabrik Kaltim-5.

"Kami hanya merekrut sesuai kebutuhan, seperti tenaga administrasi dan driver. Untuk tenaga teknik, seperti welder, sipil, operator crank, akan direkrut oleh Subkon. Yang jelas komitmen kami untuk memberikan skala prioritas bagi pekerja lokal. Apalgi kita tahu Bontang termasuk gudang tenaga kerja dengan skill yang baik," katanya.   

Dijelaskan, pembangunan pabrik Kaltim dibagi dalam 3 fase, yakni fase engineering, procurment dan contruktion (EPC). Fase engineering ini meliputi penyiapan segala perangkat sumber daya termasuk syarat administrasi untuk memulai proyek. Fase ini juga paralel dengan  persiapan pengadaan alat (procurment) pabrik dari Jepang. Sementara tahapan konstruksi diperkirakan akan mulai dilaksanakan pada Agustus 2012. "Nah kebutuhan tenaga kerja lokal secara besar-besaran baru kelihatan pada saat fase konstruksi dimulai," ungkapnya. (*)
Penulis: Udin Dohang
Editor: Fransina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
23439 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas