• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Kaltim

11 Orang Tewas Akibat Lakalantas di Samarinda

Jumat, 2 Maret 2012 19:59 WIB
SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - Tren kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di wilayah Kota Samarinda Kalimantan Timur  pada awal tahun ini masih terbilang cukup tinggi. Pasalnya selama dua bulan terakhir (Januari- Februari), tercatat ada 26 kasus kecelakaan terjadi di wilayah Samarinda. 

"Selama dua bulan terakhir, jumlah korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas sebanyak 10, sedangkan korban luka berat sebanyak 12 orang dan luka ringan sebanyak 16 orang "kata Kapolresta Samarinda Kombespol Arief Prapto Santoso melalui Kasat Lantas Kompol Rachmat Iswan Nusi kepada Tribun, Jumat (2/3/2012). 

Memasuki bulan Maret atau pada Kamis 1 Maret kemarin, kecelakaan maut kembali terjadi di wilayah hukum Polsekta Sungai Kunjang. Seorang anak remaja tewas setelah hilang kendali saat melaju dengan kecepatan tinggi menggunakan sepeda motor. 

Adapun kerugian materil akibat lakalantas selama dua bulan itu kata Rachmat, sebanyak Rp 123 juta lebih. Dengan rincian Rp 50 juta lebih kerugian akibat kecelakaan selama Januari dan Rp 73 juta lebih pada Februari. 

"Umumnya kecelakaan itu terjadi disebabkan karena hilangnya konsentrasi dari para pengendara/ pengemudi dan juga karena pengendara menggunakan kecepatan tinggi saat berkendaraan.Tak sedikit juga kecelakaan yang disebabkan akibat ugal-ugalan di jalan," ungkap dia.

Dikemukakan, lakalantas di Samarinda kebanyakan melibatkan kendaraan roda dua hingga roda empat. Sisanya adalah kendaraan angkutan umum dan mobil barang. Kondisi itu kata Rachmat cukup memprihatinkan. Karena itu pihaknya terus berupaya untuk melakukan tindakan preventif, di antaranya dengan melaksanakan kordinasi dengan instansi dan pihak pengguna jalan raya. 

"Kami berharap kepada para pengendara agar sebelum berkendara dapat mempersiapkan diri dan kelengkapankendaraannya, serta lebih berhati-hati saat berkendara. Persiapan diri dan melengkapi kendaraan sesuai standar yang telah ditentukan sangat penting demi menjaga keselamatan dan kenyamanan kita dalam berkendara," tuturnya.

Dikatakan, dalam upaya memberikan edukasi terhadap pentingnya mempersiapkan diri dan disiplin dalam berkendara, pihaknya lanjut Rachmat akan terus gencar melakukan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ke sekolah-sekolah maupun ke masyarakat. 

"Setiap kegiatan penyuluhan kita sering mewanti-wanti agar pengendara selalu mengutamakan disiplin dan tertib dalam berkendara. Sebelum berkendara sebaknya kita harus mempersiapkan diri dan menentukan arah tujuan kita, sehingga kita tetap konsentrasi selama berkendara," jelas dia. 
Penulis: Hasbi
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
27206 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas