Selasa, 23 Desember 2014
Tribun Kaltim

Ketemu Menteri, Bupati Berau Minta Lahan KBK Dibebaskan

Kamis, 15 Maret 2012 21:55 WIB



TANJUNG REDEB, tribunkaltim.co.id -
Keinginan dari Pemkab Berau yang ingin menjadikan daerahanya sebagai bagian dari food estate dan sentra pangan di Indonesia ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan langsung dengan 2 orang menteri sekaligus pada hari yang sama Kamis (15/3).

Pertemuan yang dilangsungkan di kantorKementrian BUMN serta Kementrian Kehutanan ini dihadiri langsung oleh 2 orang pembesar di bumi Batiwkkal yakni Bupati MakmurHAPK serta wakilnya Ahmad Rifai.

Saat dihubungi melalui saluran telepon Kabag Humas Pemkab Berau Mappasikra menjelaskan saat pertemuan tersebut jajaran eksekutif dari Kabupaten Berau tersebut ditemui langsung oleh menteri yang bersangkutan dimana Dahlan Iskan yang mewakili menteri BUMN serta Zulkifli Hasan yang merupakan mentri kehutanan.

Dalam pertemuan tersebut Bupati Berau Makmur HAPK sempat menyinggung masih luasnya lahan milik inhutani yang belum dimanfaatkan secara maksimal, padahal lahan-lahan tidur tersebut khusus di Kabupeten Berau jumlahnya mencapai hampir 300 ribu hektare.

Hal ini lanjut Mappasikra cukup ironis sekali karena mengingat kebutuhan untuk membuka lahan foodstate hanya 100 ribu hektare karena itu sangat disayangkan jika kemudian lahan-lahan yang tidak tergarap itu tak bisa dimanfaatkan.

Mendengar aspirasi tersbut, Mappasikra menututrkan bahwa Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan merespon baik apa yang diungkapkan oleh Bupati, dan akan segera melakukan inventarisasi lahan di wilayah utara Kaltim khususnya di Kabupaten Berau.

Bahkan dalam beberapa waktu kedepan beliau juga menyatakan akan datang langsung ke Berau untuk melakukan peninjauan dan menginventarisasi kawasan Budidaya Kehutanan (KBK) yang selama ini masih digarap oleh masyarakat di pedalaman.
Penulis: Januar Alamijaya
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas