• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribun Kaltim

Anak Berkebutuhan Khusus di Balikpapan Perlu Kebijakan Khusus Saat UN

Senin, 2 April 2012 22:01 WIB
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Ida Prahastuty menyatakan, sebaiknya perlu ada kebijakan khusus terkait penyelenggaran UN terhadap anak berkebutuhan khusus di Balikpapan. Pasalnya, dari tahun ke tahun mutu lulusan anak-anak berkebutuhan khusus di Balikpapan cenderung jalan di tempat.

"Dari tahun ke tahun memang kita melihat tidak ada perubahan. Sehingga pendampingan secara maksimal perlu dilakukan oleh Dewan Guru. Tapi kita juga tidak bisa berharap banyak, bagaimana mungkin anak-anak berkebutuhan khusus itu bisa mengerjakan soal yang sama dengan anak-anak yang normal," katanya, Senin (2/4/2012).

Politisi Golkar ini menilai, sudah seyogyanya masalah tersebut menjadi bahan rujukan secara nasional. Sebab, metode yang berjalan selama ini diyakini hanya akan membebani siswa sehingga berdampak pada mutu lulusan.

"Kalau angka lulusannya sama saja dari tahun ke tahun maka sebaiknya harus dirubah. Mungkin saja selama ini alat peraganya kurang, fasilitasnya, atau kesejahteraan para pendampingnya. Sebab, untuk satu anak berkebutuhan khusus itu perlu waktu berjam-jam untuk meyakinkan bagaimana metode Unnya," jelasnya.

Komisi IV sendiri rencananya dalam waktu dekat akan memanggil instansi terkait guna membahas persiapan UN, termasuk di sekolah inklusi.
 
"Kita akan mencari formulasinya. Kalau pun mau disamakan dengan anak normal, proses pembelajarannya kan harus ekstra keras dan ini dilakukan oleh semua pihak. Insya Allah dalam waktu dekat akan kita undang Disdik serta Kepala Sekolah terkait, untuk memberikan semangat dan dorongan," tandasnya.
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
29142 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas