• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Kaltim

Serikat Buruh di Kutai Kartanegara Tuntut Upah Sesuai KHL

Selasa, 1 Mei 2012 11:37 WIB

Serikat Buruh di Kutai Kartanegara Tuntut Upah Sesuai KHL
Ilustrasi
TENGGARONG, tribunkaltim.co.id  - Ketiga organisasi serikat buruh di Kukar bergabung rekan-rekan mereka di Samarinda mendatangi Kantor Gubernur Kaltim bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Sedunia, Selasa (1/5) hari ini.

Ketiga organisasi itu adalah DPC Federasi Serikat Pekerja-Kimia Energi Pertambangan (FSP-KEP) Kukar, DPC Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) dan DPC Kahutindo Kukar.

"Kami membawa ratusan massa hari ini menuju Kantor Gubernur," kata Mustain, Ketua DPC Kahutindo Kukar kepada Tribunkaltim.co.id, Selasa (1/5).

Dia mengatakan, persoalan buruh ini cukup banyak, salah satunya peningkatan kesejahteraan mereka.  "Upah buruh di Kukar masih tergolong rendah masih kalah dengan Jakarta," ucapnya. UMK Kukar mencapai Rp 1,25 juta sedangkan UMK Jakarta Rp 1,6 juta. Padahal, kata dia, selama ini UMK Kukar tidak pernah lebih rendah dari Jakarta. Baru kali ini, UMK Kukar lebih rendah dari Jakarta.


Senin (30/4) kemarin, masing-masing ketua dari ketiga organisasi serikat buruh tersebut mendatangi Gedung DPRD Kukar untuk menyampaikan aspirasi mereka. Mereka menyampaikan tuntutan kepada Plt Wakil Ketua DPRD Kukar Baharuddin Demmu. "Kami menuntut penghapusan tenaga outsourcing karena merugikan tenaga kerja," ujar Agus Talis Joni, Ketua DPC FSP KEP Kukar.

Selain itu, dia menuntut untuk dilakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Menurut dia, undang-undang tersebut tidak berpihak pada tenaga kerja tapi lebih menguntungkan pihak pengusaha.


"Kami juga menuntut peningkatan SDM, jangan tenaga kita terus dieksploitasi sebagai buruh tapi tidak ada peningkatan jenjang karir. Buruh perlu dikursuskan dan disekolahkan, jangan hanya diperas tenaganya," tutur Joni.
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Fransina
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
Facebook Connect
  | Social:    ON Social:    OFF | Option

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas