Kamis, 30 Juli 2015

Pemilihan Duta Wisata Kalimantan

Minggu, 27 Mei 2012 08:08

Sabtu malam kemarin menjadi grand final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup. Mereka yang terpilih diharapkan bisa menjadi juru bicara sekaligus mampu menkomunikasikan kondisi lingkungan hidup dari generasi muda kepada para stakeholders.

Menurut Kepala PPE Kalimantan, Tuti Hendrawati, Kalimantan memiliki banyak sumber daya alam, namun memiliki banyak permasalahan, karenanya pemilihan Duta Lingkungan didik menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dalan meningkatkan kepedulian lingkungan.

"Duta lingkungan yang terpilih nantinya bertugas menjalankan rencana program seperti yang disusun ketika proses pemilihan berlangsung," ujarnya.

Pemilihan Duta Lingkungan kali ini, menurut Tuti merupakan yang ketiga kalinya digelar oleh PPE Kalimantan. "Sejak tahun 2007 lalu kami menyelenggarakan pemilahan Duta Lingkungan Hidup," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Lingkungan Hidup PPE Kalimantan, Marwoto mengemukakan, di ajang grand final ini diikuti oleh 4  peserta dari masing-masing provinsi, yakni Kaltim, Kalteng, Kalsel dan Kalbar, sehingga jumlah peserta pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini diikuti oleh 15 peserta.

"Mestinya ada 16 peserta tetapi ada satu peserta dari Kalsel yang berstatus mahasiswa di Amerika, tidak bisa kembali ke Indonesia," jelasnya. Pihaknya mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengganti peserta yang tidak hadir. "Karena otoritas (seleksi peserta) dari pihak provinsi, bukan dari kami, jadi tidak bisa diganggu gugat," terang Marwoto.

Ke 15 peserta tersebut telah mengikuti tahapan seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi. Selanjutnya, finalis diberi pembekalan mengenai lingkungan hidup termasuk permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

Halaman12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About us Help
Atas