A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Pemilihan Duta Wisata Kalimantan - Tribun Kaltim
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 20 Agustus 2014
Tribun Kaltim

Pemilihan Duta Wisata Kalimantan

Minggu, 27 Mei 2012 08:08 WIB
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Pusat Pengelolaan Ekoregion (PPE) Kalimantan, Kementerian Lingkungan Hidup menggelar pemilihan duta lingkungan hidup di Hotel Grand Senyiur, Balikpapan, Sabtu (25/5).

Sabtu malam kemarin menjadi grand final Pemilihan Duta Lingkungan Hidup. Mereka yang terpilih diharapkan bisa menjadi juru bicara sekaligus mampu menkomunikasikan kondisi lingkungan hidup dari generasi muda kepada para stakeholders.

Menurut Kepala PPE Kalimantan, Tuti Hendrawati, Kalimantan memiliki banyak sumber daya alam, namun memiliki banyak permasalahan, karenanya pemilihan Duta Lingkungan didik menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dalan meningkatkan kepedulian lingkungan.

"Duta lingkungan yang terpilih nantinya bertugas menjalankan rencana program seperti yang disusun ketika proses pemilihan berlangsung," ujarnya.

Pemilihan Duta Lingkungan kali ini, menurut Tuti merupakan yang ketiga kalinya digelar oleh PPE Kalimantan. "Sejak tahun 2007 lalu kami menyelenggarakan pemilahan Duta Lingkungan Hidup," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Lingkungan Hidup PPE Kalimantan, Marwoto mengemukakan, di ajang grand final ini diikuti oleh 4  peserta dari masing-masing provinsi, yakni Kaltim, Kalteng, Kalsel dan Kalbar, sehingga jumlah peserta pemilihan Duta Lingkungan Hidup ini diikuti oleh 15 peserta.

"Mestinya ada 16 peserta tetapi ada satu peserta dari Kalsel yang berstatus mahasiswa di Amerika, tidak bisa kembali ke Indonesia," jelasnya. Pihaknya mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengganti peserta yang tidak hadir. "Karena otoritas (seleksi peserta) dari pihak provinsi, bukan dari kami, jadi tidak bisa diganggu gugat," terang Marwoto.

Ke 15 peserta tersebut telah mengikuti tahapan seleksi di tingkat kabupaten dan provinsi. Selanjutnya, finalis diberi pembekalan mengenai lingkungan hidup termasuk permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup.

"Dari 15 peserta akan dipilih juara 1 sampai 3, juara harapan 1 sampai 3 dan satu peserta favorit pilihan juri," katanya lagi.

Dalam grand final ini, peserta diuji empat aspek kemampuan yang dimiliki oleh para peserta, diantaranya; pengetahuan, wawsan lingkungan, bahasa, perilaku dan etika. "Pemilihan Duta Lingkungan ini berbeda dengan kontes kecantikan, di sini mereka dituntut untuk memahami permasalahan lingkungan dan mengkomunikasikannya," kata Marwoto.

Para peserta juga berhadapan dengan para juri yang terdiri dari aktivis lingkungan, yakni Lula Kamal dan Anna Rohadi, PPE Kalimantan yang diwakili oleh Tuti Hendrawati, akademisi oleh A. Sonny Keraf serta perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup Ilyas Asaad.

Satu per satu peserta tampil dalam parade dengan mengenakan pakaian khas Kalimantan. Mereka juga secara bergantian menjawab pertanyaan yang diajukan oleh para juri secara acak, hingga akhir acara, dewan juri memutuskan 5 besar peserta Pemilihan Duta Lingkungan, hasilnya, Frita Olivia peserta asal Kalbar berhasil menyabet juara satu.

Posisi kedua ditempati oleh Egni Kalawa asal Kalteng, juara ketiga dimenangkan oleh Legina Lestari asal Kalbar. Sedangkan juara harapan satu dimenangkan oleh Resty Paramitha peserta asal Kalbar. Juara harapan dua diraih oleh I Putu Widyatama dari Kalteng. Dan juara terfavorit pilihan juri diraih oleh Indarchi peserta dari Kalbar.
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
32724 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas