Balikpapan Tertinggi Kasus Curanmor

Terbukti hanya dalam waktu di akhir pekan bulan (21-27 Mei) terdapat 14 kasus curanmor dilaporkan di Polresta Balikpapan.

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Balikpapan terkenal sebagai gerbang pintu Kaltim menjadi pesona bagi pendatang. Membanjirnya perusahaan asing dibidang pertambangan menjadikan Balikpapan sebagai salah satu kota jasa di Indonesia.

Namun dengan sering bertambahnya penduduk menjadikan lapangan pekerjaan menjadi sempit. Ini mengakibatkan tingkat stres tinggi dan kehilangan kendali. Salah satu akibatnya adalah tingginya angka kriminalitas.

Catatan tertinggi tingkat kriminalitas di Balikpapan adalah pencurian kendaraan motor alias curanmor. Terbukti hanya dalam waktu di akhir pekan bulan (21-27 Mei) terdapat 14 kasus curanmor dilaporkan di Polresta Balikpapan.

Kejadian ini tersebar di berbagai Polsek di Balikpapan. "Pengakuan dari pelaku adalah mereka tidak memiliki pekerjaan sehingga nekat berbuat kriminalitas seperti pencurian sepeda motor atau kriminalitas lainnya," ujar Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Antonius Wisnu Sutirta, Selasa (29/5).

Urutan kedua ditempati ibukota Kaltim, Samarinda dengan delapan kasus curanmor. Kota Tepian juga sebagai magnet mencari kehidupan layak tidak luput dari aksi curanmor. "Termasuk di Samarinda tapi untuk pekan ini sedikit mengalami penurunan," katanya. Ketiga masih kata Wisnu Kutai Timur mencatat empat kasus, diikuti kabupaten Paser dua kasus serta  Kutai Kartanegara dan Tarakan masing-masing mencatat satu kasus.

Wisnu mengimbau kepada khayalak umum untuk memperhatikan kendaraannya. Mulai kini sudah saatnya sepeda motor yang diparkir di depan motor dikunci ganda. "Terutama motor yang diparkir di depan rumah, justru kejadian di kaltim ini pencurian di depan rumah dibanding di jawa kebanyakan kehilangan motor di areal parkir umum atau parkir sembarangan," ucapnya.

Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved