Senin, 24 November 2014
Tribun Kaltim

Semen Langka, Pengusaha Ready Mix Samarinda Demo

Jumat, 22 Juni 2012 22:44 WIB

SAMARINDA, tribunkaltim.co.id - Puluhan truk molen (pengaduk semen) parkir di sepanjang jalan masuk gudang semen PT Tonasa, Palaran, Samarinda, Jumat (22/6). Aksi demo ini dilakukan pengusaha dan pekerja ready mix yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ready Mix (Aspremix) Samarinda.

Menurut Akil Mappease, Ketua Aspremix Samarinda, kelangkaan semen merugikan pengusaha. Mereka menduga, karena semen Tonasa diminati, perusahaan semena-mena kepada konsumen. Baik dalam menyediakan stok semen maupun penentuan harga.

"Kita mau pembagian semen yang proporsional jika kapal curah datang. Balikpapan dapat 50 persen dan Samarinda juga 50 persen. Juga kenaikan harga semen Tonasa yang terkesan seenaknya tanpa alasan yang jelas. Sehingga merugikan konsumen (pengusaha ready mix)," kata Akil.

Pengusaha memberikan waktu kepada PT Tonasa hingga 1 Juli 2012 untuk memenuhi tuntutan pengusaha tadi.  "Jika sampai 1 Juli tidak ada tanggapan, kami dari Aspremix Samarinda akan melakukan aksi unjuk rasa lebih besar. Kita juga mencurigai, perusahaan menjual langsung ke kontraktor dan bukan ke Ready Mix," kata Akil.

Manajer Penjualan PT Semen Tonasa wilayah Kaltim Renggo  Davilla menjelaskan, salah satu penyebab berkurangnya stok semen di packing plant Palaran akibat surutnya air sungai Mahakam.

"Kapal-kapal besar tidak bisa masuk ke Samarinda. Kapal yang mungkin masuk ke Palaran ini kapasitasnya paling tinggi 3.500 ton. Bukan kami tidak punya kapal. Kami punya kapal muatannya 7.000 - 8.000 ton. Tapi tidak mungkin untuk masuk ke area packing plant kita ini," katanya.

Jalan keluar yang diupayakan saat ini menggunakan kapal yang berukuran lebih kecil. Itupun tetap dengan posisi air sungai harus pasang. "Jalan keluarnya, memperbanyak kapal menuju packing plant kita. Ada kapal  yang memungkinkan, Kapal Paribuan yang bisa memuat 3.700 ton," jelasnya. (*)
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Sumarsono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas