Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Kaltim

Perwali KTR Balikpapan Ditarget jadi Perda 2013

Kamis, 28 Juni 2012 21:25 WIB

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan drg Dyah Muryani menargetkan, Peraturan Walikota (Perwali) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) bisa berubah menjadi Peraturan Daerah (Perda) pada tahun 2013 mendatang.

Menurutnya, dengan perubahan regulasi menjadi Perda maka status KTR akan semakin kuat dan mengikat. "Kalau sudah jadi Perda maka ada sanksi hukumnya, dengan demikian aturan ini juga semakin kuat dan mengikat," ujarnya, Kamis (28/6/2012).

Saat ini pihaknya telah menyusun Raperda tentang KTR, namun belum diajukan ke DPRD Balikpapan. Dyah pun mengakui proses menggodok Perda membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karenanya ia meminta bantuan DPRD untuk bisa menggolkan aturan tersebut. "Bahannya sudah ada tapi belum kita masukkan, karena harus melobi dulu ke legislatif. Paling tidak Perda ini kalau bisa atas inisiatif Dewan," pintanya.

Kendati demikian, keinginan untuk segera menetapkan 8 titik KTR di Balikpapan kata Dyah terus dilakukan. Saat ini DKK baru menetapkan 4 kawasan bebas rokok yang meliputi, sarana kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, dan sebagian perkantoran pemerintah. Sedangkan tempat bermain anak, sarana angkutan umum massal (SAUM), pelabuhan dan bandara akan ditargetkan paling lambat 2013 mendatang. (*)
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas