Sabtu, 22 November 2014
Tribun Kaltim

Hypermart Balikpapan Jual 8 Ton Kurma

Rabu, 11 Juli 2012 18:10 WIB

Hypermart Balikpapan Jual 8 Ton Kurma
Ilustrasi
Laporan: Roesita Ika Winarti

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id -
Menjelang Bulan Suci Ramadhan, supermarket di Kota Balikpapan dibanjiri produk makanan seperti kurma.

Pantauan Tribunkaltim.co.id  di Ranch Market dan Hypermart di Balikpapan Trade Center,  Rabu (11/7/2012), buah yang identik dengan bulan puasa ini mulai banyak di-display dan diborong konsumen.

Di Hypermart kurma menjadi produk andalan yang laris-manis terjual. Bahkan sebelum memasuki Ramadhan, kurma sebanyak tiga ton yang dipersiapkan Hypermart telah habis terjual setengahnya. Agar stok kurma selama Ramadhan tetap tercukupi, pihak Hypermart akan menambah persediaan kurma sebanyak 7-8 ton, kata Awalludin, Manager On Duty Hypermart Plaza Balikpapan.  "Persiapan Ramadhan tahun ini kami menambah stoknya hingga 3x lipat dari tahun sebelumnya. Kurma impor," ujar Awalludin.

Menurutnya, kurma yang paling banyak diminati pelanggan adalah kurma jenis original. Untuk kisaran harga, kurma yang dijual di Hypermart termasuk terjangkau. Kurma curah asal Tunisia, dijual 29.400/kilogram, sedangkan untuk kurma kemasan dijual mulai Rp 14.000 hingga Rp 43.400 per pack.

Peningkatan penjualan di Hypermart diakui Awalludin dipengaruhi oleh promo-promo yang dilakukan Hypermart, seperti guntingan voucher belanja di Koran Tribun Kaltim sebesar Rp 50.000 yang berlaku hingga Kamis esok. Namun jangan khawatir, untuk promo selanjutnya Hypermart juga akan memberikan voucher belanja yang dapat digunakan untuk item-item tertentu.

Sementara  Ranch Market yang baru dibuka sekitar dua minggu yang lalu, mempersiapkan sebanyak dua ton kurma untuk stok selama bulan puasa.  "Persiapan kurma untuk Ramadhan tahun ini sudah 80 % jadi rata-rata hampir 2 ton. Target kami sampai akhir Ramadhan nanti akan terjual 2,5 ton kurma. Kami mengimpor dari Arab Saudi,  Tunisia, bahkan dari Amerika. Kami hanya mengambil kurma yang terbaik," ungkap Sofyan, Advisor Produce Ranch Market.

Terdapat dua jenis kurma yang dijual di Ranch Market, yaitu kurma jenis original dan kurma yang telah diproses lebih lanjut dengan mencampurkan coklat, wijen, madu, dan lain-lain sehingga rasanya lebih bervariasi.

Soal harga, kurma yang dijual di Ranch Market berkisar dari Rp 13.700/pack hingga Rp 250.000/kilogram. Selain kurma, produk yang mengalami peningkatan penjualan adalah sirup.
Editor: Fransina
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas