• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Kaltim

Awal Ramadhan Sekolah Libur Dua Hari

Kamis, 19 Juli 2012 23:15 WIB
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Dinas Pendidikan (Disdik) kota Balikpapan, Kamis (19/7) menerbitkan surat edaran menyambut bulan suci Ramadhan. Surat edaran ini berdasarkan kalender pendidikan Dinas Pendidikan kota Balikpapan yang disesuaikan dengan surat edaran Pemkot Balikpapan. Ada delapan poin yang dicantumkan dalam surat Disdik.

"Libur Ramadhan dan libur Idul Fitri telah kami atur sesuai dengan kalender pendidikan. Dan tidak akan berubah mengikuti tanggal kapan awal berpuasa," kata Pratitis Tjahjani, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah Disdik.

Libur awal Ramdhan akan dilaksanakan dua hari dari tanggal 20-21 Juli 2012 dan enam hari di akhir bulan Ramadhan yakni dari 13-18 Agustus 2012. "Setelah itu siswa kembali masuk sekolah. Dan kembali libur menjelang Idul Fitri selama lima hari, dari tanggal 21-25 Agustus 2012," tambahnya.

Selain tiu, diatur pula jam pelajaran di sekolah. Untuk SD satu jam pelajaran berdurasi 30 menit, dan untuk jenjang SMP, SMA dan SMK durasinya 35 menit. Namun untuk Raudhatul Atfhal (RA) Madrasah Tsanawiyah (Mts), dan Madrasah Aliyah (MA) mengikuti ketentuan dari Kementerian Agama.

Dari itu terdapat pula perubahan jam pelajaran, untuk siswa yang masuk pagi hari, akan memulai pukul 08.00Wita dan untuk yang memulai pembelajaran siang hari, akan menyesuaikan.  Di antara Ramadhan, Indonesia juga merayakan kemerdekaan, untuk itu termaktub pula dalam surat edaran tetap diadakan Upacara Kemerdekaan di setiap sekolah.
 
Untuk kegiatan pesantren Ramadhan, Disdik memberi waktu di luar jam efektif pertemuan guru dengan murid. " Pesantren kilat di bulan Ramadhan, hanya dapat diadakan di siang hari, setelah sekolah atau di waktu libur," tambah wanita yang akrab disapaTitis. Setelah libur Idul Fitri, sekolah akan kembali belajar seperti biasanya mulai 27 Agustus 2012. (*)
Editor: Sumarsono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
36171 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas