Piala Dunia

11 Kota Piala Dunia 2018 Diumumkan

FIFA mengumumkan 11 kota yang dipilih untuk menjadi tempat-tempat penyelenggaraan 64 laga Piala Dunia 2018 di Rusia.

11 Kota Piala Dunia 2018 Diumumkan
AFP
Joseph S Blatter
MOSKWA, tribunakltim.co.id -- Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) mengumumkan 11 kota yang dipilih untuk menjadi tempat-tempat penyelenggaraan 64 laga Piala Dunia 2018 di Rusia. Dari 11 kota itu, Moskwa mendapat jatah dua stadion untuk menggelar laga.

Dua stadion di Moskwa itu adalah Stadion Luzhniki, yang berkapasitas 89.000 penonton dan menjadi arena final Liga Champions 2008, serta Stadion Spartak Moskwa. Stadion Luzhniki saat ini tengah direnovasi yang diperkirakan selesai pada 2016.

Terpilihnya Stadion Spartak menyingkirkan kans stadion lainnya di Moskwa yang dibangun untuk klub Dynamo Moskwa. FIFA menyatakan, hanya boleh ada dua stadion di ibu kota yang bisa digunakan untuk menggelar laga-laga Piala Dunia.

Di antara 11 kota penyelenggara Piala Dunia 2018 itu, terdapat Sochi di kawasan Laut Hitam, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2014, dan St Petersburg. Kota-kota lainnya, yakni Yekaterinburg, Kazan, Nizhny Novgorod, Rostov-on-Don, Samara, Kaliningrad, Volgograd, dan Saransk.

Kecuali Yekaterinburg, seluruh kota-kota penyelenggara itu berlokasi di sebelah barat Pegunungan Urals, yang secara tradisi dianggap sebagai garis perbatasan antara Eropa dan Asia. Pemilihan kota-kota itu diputuskan dalam sidang Komite Eksekutif FIFA di Zurich, Swiss, Jumat (28/9/2012).

"Pengumuman kota-kota tempat penyelenggara itu merupakan langkah konkret pertama untuk menyajikan Piala Dunia 2018. Mereka memberi kontribusi yang menentukan suksesnya ajang olahraga paling populer. Kami menunggu kerja sama yang produktif dalam perjalanan menuju Piala Dunia pertama di kawasan Eropa Timur," kata Presiden FIFA Sepp Blatter, yang juga hadir dalam acara pengumuman kota-kota tersebut.

Lima stadion di kota-kota penyelenggara itu sudah mulai dibangun atau direnovasi, seperti di St Petersburg, Kazan, Sochi, Saransk, dan Stadion Spartak Moskwa, dan sebagian besar stadion itu diperkirakan sudah siap digunakan publik pada 2014.

Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help