Liga Champions

Glasgow Celtic Tak Takut Messi

Barcelona masih mampu menjaga kesempurnaan sebagai tim yang belum kalah saat Liga Champions Eropa memasuki matchday ketiga.

Glasgow Celtic Tak Takut Messi
LLUIS GENE / AFP
Pemain Glasgow Celtic berlatih di Stadion Nou Camp, guna persiapan laga Liga Champions melawan Barcelona

Ketujuhnya memuncaki grup masing-masing. Hanya Chelsea satu-satunya pemuncak klasemen yang tidak menyandang status sempurna. The Blues menang satu kali dan bermain imbang satu kali.

Tengah pekan ini Barcelona berharap bisa melanjutkan trend kemenangan tersebut saat menjamu wakil Skotlandia, Celtic, di Stadion Camp Nou, Rabu (24/10/2012) dini hari. "Kami berharap bisa melanjutkan kemenangan. Saya melihat para pemain memiliki hasrat besar untuk terus mendapatkan kemenangan. Kami wajib menjaga momentum seperti ini," kata Pelatih Barcelona Tito Vilanova dilansir situs Barca, Senin (22/10/2012).

Barcelona memiliki catatan yang bagus setiap kali berjumpa jagoan asal Skotlandia tersebut. Dari enam pertemuan, Blaugrana mengantongi tiga kemenangan, dua kali imbang, dan sekali kalah.

Pada pertemuan terakhir, Maret 2008, Barcelona sukses menekuk Celtic dengan skor 1-0 di Camp Nou. Lionel Messi sepertinya tidak akan menemui kesulitan berarti untuk meneruskan torehan golnya. Namun demikian, nama besar Messi dan Barcelona tidak membuat gentar kubu Celtic. Bek Efe Ambrose bahkan berjanji dan yakin mampu mematikan La Pulga saat jumpa nanti.

"Saya tidak asing dengan Lionel Messi karena saya berada di tim nasional Nigeria U-23 yang bermain melawan Argentina pada final Olimpiade 2008. Saya juga bermain dengan dia di pertandingan persahabatan di Bangladesh tahun lalu. Jadi, dia bukan masalah bagi saya karena saya akan melakukan yang terbaik ketika Celtic dan Barcelona bertemu di Liga Champions," ujar Ambrose.

Barcelona diprediksi masih akan tampil tanpa dua bek tengah utamanya, Carles Puyol dan Gerard Pique, sehingga masih harus memainkan bek tengah alternatif. Javier Mascherano kemungkinan bakal diduetkan dengan Adriano sebagai centreback.

Messi terbukti masih bisa diandalkan untuk keluar dari situasi sulit, namun kebobolan empat gol pada akhir pekan lalu adalah pertanda rawannya lini belakang. Dengan demikian, Vilanova harus cepat merespon lobang di pertahanannya tersebut.

Pemain muda Martin Montoya disiapkan untuk mengisi lini pertahanan dibantu dengan Adriano, Mascherano, dan Jordi Alba. Solid tidaknya pertahanan Barca akan sangat bergantung kepada empat pemain tersebut.

Di lini tengah Barca kehilangan salah satu kekuatan utamanya, Sergio Busquets, yang harus menjalani hukuman dua pertandingan akibat kartu merah. Dengan demikian, Alex Song berpeluang menjadi starter di posisi gelandang bertahan.

Sementara Xavi Hernandez, Andres Iniesta, ataupun Cesc Fabregas masih berada dalam kondisi fit untuk menghidupkan kembali permainan tiki-taka Barca. Serangan Tim Catalan akan makin hidup dengan keberadaan David Villa yang sudah mulai turn in setelah sembuh dari cedera. Pastinya Messi akan jadi penabuh gong dalam irama permainan tim Catalan.

Halaman
12
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved