Cerahkan Kulit Tanpa Kosmetik

Buah dan sayur yang mengandung karotenoid bisa mencerahkan kulit lebih cepat.

TRIBUNKALTIM.co.id - Kita pasti sudah paham, mengonsumsi buah dan sayur akan menyehatkan tubuh. Tapi berapa diantara kita yang tahu jika buah dan sayur bisa menghemat budget konsultasi ke dokter kulit? Bahkan kita tak perlu susah-susah menggunakan berbagai macam produk kecantikan untuk memutihkan kulit, cukup jadikan buah dan sayur sebagai kunci rahasianya.

Lebih spesifik lagi, peneliti dari University of Bristol, menyarankan kita untuk mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung karetonoid. Ini adalah salah satu bentuk zat pewarna pada buah dan sayur yang juga mengandung antioksidan yang tinggi. Penelitian yang dipublikasi pada journal Evolution and Human Behavior mengatakan, karetonoid bisa mencerahkan kulit lebih cepat, plus membuatnya bercahaya.

Karetonoid bisa ditemukan pada buah berwarna seperti wortel, tomat, melon, dan avokad. Tapi pada sayuran hijau seperti bayam pun, kandungan karetonoidnya tetap tinggi  “Biasanya karetonoid memang ditandai dengan warna-warna cerah. Bahkan tomat dan melon bisa mensuplai karetonoid yang banyak ke dalam tubuh kita,” ucap Paula Simpson yang merupakan ahli nutrisi yang biasa dipakai para selebriti ternama. “Dosis idealnya, kita diminta untuk mengonsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi dalam sehari.”

Jika di negara Barat wanita berlomba untuk mencokelatkan kulit, maka di negara Timur yang diinginkan adalah warna kulit yang putih. Ini semua memang dipengaruhi oleh imaje cantik yang dibentuk produk-produk kosmetik dan media massa. Tapi pada intinya, imaje itu selalu mendengung-dengungkan kulit cerah sebagai salah satu definisi kulit sehat. Itu mengapa, banyak wanita berkunjung ke penjual produk kecantikan kulit untuk mendapat perawatan mencerahkan kulit.

Dan Ian Stephen, kepala penelitian menekankan, dengan konsumsi buah dan sayur yang optimal maka keinginan memiliki kulit yang sehat serta cerah bisa dengan mudah dipenuhi. “Bahkan buah dan sayur terbukti lebih efektif mencerahkan kulit dibanding berbagai jenis produk kosmetik,” tegas Stephen.

Stephen kemudian menjelaskan, dalam buah dan sayur terdapat nutrisi, enzim, dan antioksidan yang saling bersinergi untuk mencegah kerusakan sel-sel kulit. Tak hanya itu, sel-sel kulit juga dibuat untuk selalu beregenerasi sehingga sel-sel mati akan tergantikan dengan mudah. “Idealnya, sel-sel kulit yang baru akan muncul 3-5 minggu sekali. Tapi seiring pertambahan usia, intensitasnya semakin berkurang. Jadi bila kita rajin mengonsumsi buah dan sayur, maka sel-sel kulit akan memiliki pasokan nutrisi yang cukup untuk menyehatkan sel-sel kulit,” papar Simpson.

Bahkan ketika dilakukan uji coba terhadap binatang, khasiat karetenoid untuk mencerahkan kulit bekerja dengan cara yang sama seperti pada manusia. Contohnya adalah pada burung betina, yang biasanya akan menarik perhatian burung jantan karena bulu-bulunya lebih cerah. Dan kecerahan dari bulu-bulunya sangat dipengaruhi oleh asupan karetenoid oleh burung.

Jadi setiap bulan, cobalah untuk tak hanya semangat membeli produk-produk kosmetik tapi juga menstok buah dan sayur. Karena sel-sel justru efektif bekerja ketika merasakan manfaat dari konsumsi konsumsi buah dan sayur. (Siagian Priska/Prevention Indonesia)
Editor: Fransina Luhukay
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help