Kabupaten Mahakam Ulu Resmi Terbentuk

Setelah menunggu 8 tahun, wacana pemekaran Kabupaten Mahakam Ulu, akhirnya terwujud. Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) disahkan

SENDAWAR, tribunkaltim.co.id - Setelah menunggu 8 tahun, wacana pemekaran Kabupaten Mahakam Ulu, akhirnya terwujud. Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB) disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada Jumat (14/12) di gedung DPR RI yang dipimpin Ketua DPR RI Marzukie Alie.

Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Mahakam Ulu Bobby Baing melalui Sekretarisnya Benediktus Aditomo mengatakan, segala perjuangan yang dilakukan masyarakat Mahakam Ulu selama 8 tahun akhirnya tercapai. Sekitar pukul 13.30 wita, Ketua DPR RI Marzuki Alie memimpin sidang paripurna pengesahan RUU pembentukan 7 DOB tersebut.

"Nantinya sebagai ucapan syukur kemungkinan dalam waktu dekat akan dilaksanakan acara syukuran di kabupaten Mahakam Ulu hanya saja waktunya belum dapat ditentukan," ungkap Aditomo panggilan akrabnya.

Setelah RUU DOB disahkan kini sedang menjalani proses di Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri yang sedang dibawa ke Sekretaris Negara untuk dapat ditandatangani Presiden RI

Di Kemendagri Otda sedang melengkapi berbagai kelengkapan yang perlu dilakukan karena ini sangat penting dalam bagian dari UU 7 DOB tersebut yaitu peta perbatasan Kabupaten Mahakam Ulu dengan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat berkas peta perbatasan ini sudah ditandatangani oleh kedua provinsi tersebut.

Lebih jauh dikatakannya, diharapkan pada Januari 2013 segala kelengkapan di pusat selesai dan selanjutnya akan menyusun kelengkapan pemerintah kabupaten Mahakam Ulu seperti perangkat daerah, pelaksana tugas Bupati, perangkat pegawai sudah dapat selesai dibentuk selama 6 bulan ke depan. Nantinya pada pertengahan tahun 2013 sudah ada dan berjalan roda pemerintahan Kabupaten Mahakam Ulu.

Perlu diketahui yang masuk dalam wilayah Kabupaten Mahakam Ulu yaitu Kecamatan Long Hubung, Laham, Long Bagun, Long Pahangai dan Long Apari dengan pusat ibukota di Kecamatan Long Bagun yaitu Batu Bulan. (*)

Penulis: Alex Pardede
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved