Jumat, 27 Maret 2015

Suhu Balikpapan Capai Titik Ekstrem

Senin, 21 Januari 2013 19:26 WITA

Suhu Balikpapan Capai Titik Ekstrem
tribun kaltim/sugi cahyadi

Oleh:  Bony S.P
Meteorologist BMKG Balikpapan

Beberapa hari terakhir ini, di berbagai media massa, baik media elektronik maupun media cetak termasuk koran Tribun Kaltim selalu menyajikan berita tentang badai Tropis Narelle yang terjadi di selatan jawa-Bali serta dampak buruk nya terhadap beberapa daerah di Indonesia.

DAMPAK dari badai ini mulai dari hujan deras, angin kencang hingga gelombang laut yang begitu tinggi. Daerah-daerah yang kena dampak tersebut mulai dari Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Kalimantan Selatan dan Tengah.

Terus untuk Balikpapan apa ada dampaknya? Pada saat saya jogging sore hari tanggal 8 januari 2013, saya merasakan suhu udara di Balikpapan saat itu begitu panas dan saya rasa ini tidak seperti biasanya di bulan Januari ini. Selain itu, beberapa orang yang saya temui sempat berkata, kira-kira begini: "Kok Suhu Balikpapan Panas Sekali?"

Selama 3 hari setelah tanggal 8 januari 2013, suhu udara maksimum harian Balikpapan yang tercatat di BMKG Balikpapan berada pada angka  lebih besar dari 33C. Suhu maksimum tertinggi tercatat pada tanggal 8 januari 2013 sebesar 34,5 C. Padahal di minggu sebelumnya suhu maksimum harian hanya berkisar antara 30- 32C. Itupun untuk suhu maksimum 32 C pada minggu sebelumnya, hanya terjadi pada 2 hari saja yaitu tanggal 6 dan 7 Januari 2013.

Apakah suhu udara tanggal 8 januari tersebut tergolong ekstrem? Jawabannya iya. Karena berdasarkan data normal suhu maksimum Januari Balikpapan selama 30 tahun mulai dari tahun 1981-2010, normal suhu maksimum Balikpapan pada bulan Januari adalah 30,9C. Perbedaan suhu maksimun tanggal 8 januari 2013 dengan nilai Normal Bulan Januari adalah sebesar 3,6 C (34,5C-30,9C).  

Di saat daerah lain mengalami cuaca buruk akibat badai tropis Narelle berupa hujan lebat, dan angin kencang, justru di Balikpapan selama 3 hari mulai dari tanggal 8 Januari 2013 mengalami suhu maksimum harian yang tinggi, hujan pun yang terjadi di atas tanggal 8 januari tersebut hanya terjadi 1 hari. Sedangkan untuk bulan januari ini baru tercatat 4 hari hujan dan masih tergolong hujan ringan.

Halaman12
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

TRIBUNnews.com © 2015

About us

Help

Atas