A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

7 Sekolah Ikut Seleksi Cerdas Cermat Tingkat Provinsi - Tribun Kaltim
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 Juli 2014
Tribun Kaltim

7 Sekolah Ikut Seleksi Cerdas Cermat Tingkat Provinsi

Rabu, 20 Februari 2013 11:09 WIB
NUNUKAN, tribunkaltim.co.id - Sebanyak 70 peserta dari tujuh Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Nunukan mengikuti Lomba Cerdas Cermat SMA "Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Tingkat Kabupaten Nunukan Tahun 2013".

Lomba ini sekaligus seleksi untuk mengikuti kegiatan serupa ditingkat Kalimantan Timur.

Lomba yang dilaksanakan di Lantai 4 Hotel Firdaus, Kecamatan Nunukan itu diikuti SMA 1 Sebatik, SMA 1 Sebuku, SMA 1 Sembakung,  SMA 1 Lumbis, SMAN 1 Nunukan, SMAN 1 Nunukan Selatan dan SMA Pancasila Nunukan.

"Tentunya ini untuk pertama kali kita laksanakan. Sebelum-sebelumnya kan, tiga tahun terakhir itu kita hanya penunjukan langsung saja (sekolahnya). Sekarang kita seleksi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan Nizaruddin, Rabu (20/2/2013).

Nizaruddin mengatakan, nantinya dari seleksi ini akan muncul juara yang mewakili Kabupaten Nunukan di tingkat Kaltim pada kejuaraan serupa April 2013 mendatang.

"Tentunya harapan kita anak-anak kita ini pada April nanti siapapun juaranya, ada peluang untuk memperdalamnya. Tentunya dalam hal ini, bagaimana peran pembimbingnya? Sehingga meskipun kita di daerah perbatasan di sini, bisa berbicara banyak ditingkat provinsi," ujarnya.

Lomba ini diadakan untuk memberikan pemahaman kepada bibit bibit muda khususnya pelajar SMA soal empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Pancasila, Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Materi yang dilombakan itu mengupas mengenai Pancasila, Undang - Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Ketetapan MPR Republik Indonesia dan undang-undang penjabaran lebih lanjut dari UUD 1945 yang berkaitan dengan lembaga negara.

Dalam ketentuan lomba, setiap sekolah mengirimkan 10 siswa - siswi yang didampingi 1 orang guru pembimbing sekaligus menjadi pengamat regu.

Perlombaan dilaksanakan dengan menggunakan sistem gugur yang dibagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dan final.
Pada babak penyisihan, tujuh sekolah dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1 terdiri dari empat regu dan kelompok 2 terdiri dari tiga regu. Selanjutnya pada babak final terdiri dari tiga regu yang diambil dari peringkat 1 dan 2 pada kelompok 1 dan peringkat 1 pada kelompok 2.

Sementara untuk segmen lomba terdiri dari yel - yel, soal menjelaskan, soal pilihan dan soal rebutan.
Penulis: Niko Ruru
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas