Pemkot Balikpapan Tambah Zona Baru di TPA Manggar

Besarnya laju pertambahan penduduk di Balikpapan ikut berdampak pada menumpuknya volume sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Besarnya laju pertambahan penduduk di Kota Balikpapan ternyata ikut berdampak pada menumpuknya volume sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan mencatat ada sebanyak 350 ton sampah baik organik maupun anorganik, yang masuk ke TPA Manggar setiap harinya. Hal ini berakibat pada menyempitnya lahan yang ada, sehingga memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) untuk menambah lahan baru.

Kepala DKPP Balikpapan Robi Ruswanto, Rabu (27/2/2013) mengatakan, pihaknya telah membuat konsep sirkulasi besar dalam manajemen penumpukan sampah di areal TPA Manggar. Dimana areal tersebut akan dibagi ke dalam 4 zona.

Saat ini baru ada dua zona yang terpakai seluas 2,5 Hektare. Namun kedua zona tersebut diprediksi hanya mampu bertahan hingga 3 tahun ke depan. Menyikapi hal itu, Pemkot kemudian menambah zona baru yakni zona 3 dan 4 seluas 3,7 Ha, yang saat ini pengerjaannya sedang berjalan. Sedangkan untuk pembebasan lahannya dinyatakan telah rampung melalui bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat.

"Sekarang progressnya untuk zona 3 dan 4 sudah dikerjakan sekitar 25 persen. Kita hanya menerima saja, ini murni dibantu oleh Provinsi dan Pusat. Jadi begitu tutup zona aktifnya (1 dan 2) kita harapkan bisa menyeberang ke zona 3 dan 4," tandasnya. (*)

Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved