Minggu, 23 November 2014
Tribun Kaltim

Eksplorasi CBM di Balikpapan Tunggu Izin Lingkungan

Jumat, 1 Maret 2013 21:03 WIB

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Meski sudah diwacanakan sejak tahun lalu, namun tahap eksplorasi (penelitian) gas metan batubara atau coal bed methane (CBM) oleh PT Virginia Indonesia Company (Vico) di wilayah Balikpapan belum kunjung dimulai. Pasalnya, sejumlah perizinan dari Pemerintah Kota Balikpapan belum dikantongi oleh perusahaan asal Amerika itu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan, saat ini PT Vico masih mengurus izin selanjutnya berupa izin lingkungan. Jika izin ini sudah dikantongi maka tahap eksplorasi akan segera dilakukan.

"Kalau izin prinsipnya sudah, mungkin tinggal izin lingkungan yang belum. Saya rasa itu yang dia (PT Vico) tunggu," ujarnya, Jumat (1/3/2013).

Suryanto mengatakan, PT Vico sebelumnya menargetkan tahap eksplorasi dimulai pada Oktober 2012. Namun karena proses perizinan masih berjalan maka tahap itu akhirnya molor. Dengan demikian, target waktu 3 tahun yang digadang PT Vico untuk eksplorasi juga dipastikan akan molor.
 
Seperti diketahui, tercatat ada tiga titik eksplorasi CBM di Balikpapan, yakni CBM Lamaru 1 di Desa Lamaru, CBM Lamaru 2 di Desa Manggar Baru, dan CBM Bajau Water di Desa Lamaru.

Berdasarkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Balikpapan tahun 2005-2015, CBM Lamaru 1 dan CBM Lamaru 2 terletak pada kawasan agropolitan. Sedangkan CBM Bajau Water terletak pada kawasan hutan lindung. (*)
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Sumarsono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas