• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Enam Anggota DPRD Paser Pindah Parpol

Rabu, 13 Maret 2013 19:52 WIB
TANA PASER, tribunkaltim.co.id - Enam dari 25 Anggota DPRD Kabupaten Paser mewakili sejumlah partai politik (parpol) yang tak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kabarnya, keenam legislator yang masih aktif ini ingin kembali meramaikan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, tapi pindah ke parpol lain.
 
Keenam Anggota DPRD Paser tersebut sekarang bernaung di Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Patriot, Partai Buruh dan Partai Persatuan Daerah (PPD). Saat ini memang belum bisa dipastikan parpol yang mereka masuki, tapi itu akan terungkap dengan sendirinya setelah nama-nama mereka masuk dalam daftar caleg di KPU Kabupaten Paser.

Dalam UU 27/2009 mengatakan anggota DPRD di PAW karena menjadi anggota parpol lain. Hanya saja, penerapan aturan itu juga tergantung kebijakan parpol masing-masing. Jika kepindahannya tidak dipersoalkan parpol, maka tidak akan ada PAW dan sebaliknya.

"Itu tergantung partainya masing-masing dalam menyikapinya, kalau partainya mendiamkan saja, maka yang bersangkutan tidak di PAW. Dipersoalkan, ya tentunya yang bersangkutan di PAW. Nah, akhir April kita sudah bisa mengetahui siapa saja caleg yang diusung setiap parpol," kata H Abdul Latif Thaha, Praktisi politik di Kabupaten Paser, Rabu (13/3/2013).

Terpisah, Ketua KPU Paser H Abdul Azis Muslim mengatakan tahapan penerimaan daftar caleg parpol mulai tanggal 9 sampai 15 April 2013. "Tahapan penerimaan daftar caleg 9 sampai 15 April, masih bisa memperbaiki karena nanti akan ada tahapan menetapkan caleg-caleg peserta Pileg 2014 yang bersifat final," kata Azis. (*)
Penulis: Sarassani
Editor: Sumarsono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas