• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribun Kaltim

Balikpapan Bisa Terkena Tsunami

Senin, 18 Maret 2013 21:38 WIB
Balikpapan Bisa Terkena Tsunami
telegraph.co.uk
Ilustrasi
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id- Stigma kota Balikpapan yang selama ini dikenal sebagai salah satu wilayah yang relatif aman dari tsunami dan gempa bumi  pupus sudah, seiring dengan penetapan yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai salah satu daerah yang rawan dari bencana alam.

Kabar mengejutkan dari lembaga Pemerintah itu didapat setelah beberapa anggota dewan dan perwakilan dari Pemerintah kota berkunjung ke kantor BNPB pekan lalu.

Kepala Bapedda Kota Balikpapan Suryanto yang ikut serta dalam kunjungan tersebut mengungkapkan beberapa hal mendasari penetapan dari BNPB mengapa kemudian Balikpapan dimasukan dalam peta rawan bencana di Indonesia.

Salah satunya berkaitan dengan perubahan iklim dan struktur geologi yang menyebabkan terjadinya sedikit pergeseran lempeng bumi sehingga diwaktu-wakatu kedepan wilayah ini juga bisa terkena dampak langsung bencana alam seperti tsunami.

"Wajar  kalau dewan dan eksekutif ingin mencari apa yang menjadi pertimbangan ternyata memang mereka menetapkan dari perubahan iklim, struktur geoelogi  dan sebagainya pokoknya agak teknis sehingga memutuskan Balikpapan ini rawan bencana," katanya.

Keluarnya penetapan ini tentu saja cukup mengejutkan, pasalnya meski wilayahnya dilewati oleh garis pantai, Balikpapan dianggap cukup aman dari aktivitas gunung berapi termasuk gempa bumi dan tsunami.

Kondisi itu juga diperkuat oleh pendapat para ahli seperti dari ITB yang juga menyebutkan pulau Kalimantan termasuk Balikpapan didalamnya termasuk aman dari bencan alam yang disebakan oleh aktivitasgeologi dan vulkanologi.
Penulis: Januar Alamijaya
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
151892 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas