NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat Kabupaten Nunukan Kornalius Tadem mengatakan, pihaknya telah merekomendasikan sejumlah nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, untuk mendapatkan penetapan.


Setelah penetapan, bacaleg dimaksud akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nunukan untuk bertarung memperebutkan 25 kursi di DPRD Kabupaten Nunukan.


“Jadi sekarang kita menunggu SK dari DPP selanjutnya mereka kita daftarkan di KPU Nunukan,” ujarnya dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis (11/44/2013).


Ia mengatakan, bacaleg yang direkomendasikan Pengurus DPD Partai Nasdem Kabupaten Nunukan untuk mendapatkan persetujuan DPP, untuk derah pemilihan I (Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan) yaitu Yohanis Sega Erap, Hadi Wijaya, Muhammad Siswantoro, Abdullah Effendi, Adriana Tandi Ruru, Sugeng Supriyadi Hadiprayitno, Hayati dan Karmila.


Sementara untuk daerah pemilihan II  (Kecamatan Sebatik, Kecamatan Sebatik Barat, Kecamatan Sebatik Timur, Kecamatan Sebatik Tengah dan Kecamatan Sebatik Utara) yakni Mais, Selamat, Kamiruddin, Basran dan Viktor Ola Tokan.


Sedangkan untuk daerah  pemilihan III (Kecamatan Sebuku, Kecamatan Tulin Onsoi, Kecamatan Lumbis, Kecamatan Lumbis Ogong, Kecamatan Sembakung, Kecamatan Krayan dan Kecamatan Krayan Selatan) yaitu Yagung Bangau, Poili, Asrani, Matias, Maryanto, Darius, Wowon Edy dan Jhonson.


“Kita penetapan dari DPP paling lambat 17 April,” ujar anggota DPRD Nunukan 2004-2009 ini.



Ia mengatakan, sebelum nama-nama itu direkomendasikan ke DPP Partai NasDem, ada proses seleksi yang harus dijalani.


“Sesuai dengan mekanisme partai, ini kita umumkan. Kemudian kita buka pendaftaran. Selanjutnya ada verifikasi berkas. Jadi kita hanya melakukan tes berkas, lalu dipresentasikan ke DPD,” ujarnya.


Ia mengatakan, bacaleg yang direkomendasikan ini dipastikan telah mendaftar sebagai anggota Partai NasDem. “Jadi mereka awalnya non kader. Kemudian memilih bergabung dengan NasDem,” ujarnya.