Sabtu, 20 Desember 2014
Tribun Kaltim

Gepak Kubar Dukung Pembentukan Provinsi Kutai Raya

Minggu, 21 April 2013 20:18 WIB

SENDAWAR, tribunkaltim.co.id- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ormas Gerakan Pemuda Asli Kalimantan (Gepak) Kutai Barat, mendukung kuat wacana pembentukan Provinsi Kutai Raya. Hal itu melihat dari pembangunan di kabupaten kota se-Kaltim yang dilaksanakan beberapa tahun terakhir oleh pusat maupun provinsi, tak berimbang dengan setoran devisa Provinsi Kaltim terbesar se-Indonesia.

"DPC Gepak Kubar sangat mendukung wacana Ibu Rita Bupati Kukar. Kami berharap itu bukan hanya wacana, karena semua elemen sangat mendukung pembentukan Provinsi Kutai Raya. Bagaimana pemuda-pemudi bisa maju kalau pembangunan sarana prasarana di kabupaten kota hanyalah mimpi kosong, contohnya, akses jalan trans Kaltim dari Kubar ke Kukar yang sampai sekarang masih rusak parah, " ungkap Ketua DPC Gepak Kubar Stepanus.

Stepanus juga menyesalkan janji sejumlah pihak terkait perbaikan akses poros trans kaltim ke masyarakat, baik kabupaten maupun provinsi. Hingga tahun 2013 ini perbaikan akses trans kaltim Kubar-Kukar tak kunjung selesai.

"Kami sangat menyesalkan janji sejumlah pihak, baik politikus maupun para pemimpin. Pada saat mereka memerlukan suara masyarakat (menjelang pemilu), mereka berikan janji yang manis akan memperbaiki akses trans kaltim. Tetapi sampai saat ini pada kenyataannya akes poros Kubar ke Kukar masih rusak parah. Kami sangat setuju dan mendukung terbentuknya Provinsi Kutai Raya. Karena dengan pembagian daerah yang sangat luas melalui  otonomi, kami yakin pembangunan akan merata hingga ke pelosok," tandasnya.

Senada dengan itu, Sekjen DPC Gepak Kubar, Yalen mengatakan  pembentukan Provinsi Kutai Raya, otomatis memperkecil luas wilayah, apabila wilayah Kutai Raya terbentuk menjadi provinsi, kemungkinan sangat besar pembangunan daerah mudah terlaksana.

"Kalau wilayah Provinsi Kaltim di bagi dengan Kutai Raya menjadi provinsi, maka luasan wilayah akan mengecil, sehingga mudah melaksanakan pembangunan secara merata. Contohnya, jalan poros Kubar ke Kukar panjangnya hanya sekitar 450 KM, tetapi sampai saat ini belum tuntas diperbaiki. Itu berarti sangat sulit pusat dan provinsi membagikan porsi pembangunan bagi daerah," terang Yalen.

Perlu diketahui wacana kabupaten kota yang tergabung dalam wilayah Provinsi Kutai Raya yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kota Bontang, Kutai Timur, dan Kabupaten Mahakam Ulu.
Penulis: Alex Pardede
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About us

Help

Atas