• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Menara Masjid Kuno Suriah Hancur

Kamis, 25 April 2013 09:32 WIB
Menara Masjid Kuno Suriah Hancur
AFP
Dalam foto tampak menara masjid tinggal puing saja
SURIAH, TTRIBUN - Menara salah satu masjid paling terkenal di Suriah hancur akibat pertempuran yang terjadi di kota Aleppo. Kantor berita pemerintah Suriah, Sana, menuduh kelompok pemberontak meledakkan menara Masjid Umayyad yang didirikan pada abad 12.


Namun, para aktivis mengatakan menara tersebut menjadi sasaran tembak tank militer. Masjid yang telah dinyatakan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO itu, jatuh ke tangan pemberontak awal tahun ini tetapi kawasan di sekitarnya masih menjadi rebutan.


Oktober tahun lalu UNESCO meminta kedua pihak yang bertikai agar masjid itu dilindungi. UNESCO menyebut Umayyad sebagai "salah satu masjid paling indah di dunia Muslim."

Foto-foto yang dipublikasikan di internet menunjukkan puing-puing menara teronggok di halaman masjid. Bagian lain kompleks masjid tersebut mengalami kerusakan parah.

Sana melaporkan kelompok pemberontak Jabhat al-Nusra yang terkait Al Qaeda sebagai pelakunya. Sejumlah laporan juga mengatakan bahwa ada artefak kuno yang dijarah, termasuk sebuah kotak yang diyakini berisi potongan rambut Nabi Muhammad.

Tetapi kelompok pemberontak mengatakan mereka berhasil menyelamatkan sebuah kitab suci Quran tulisan tangan berumur ratusan tahun.(BBC Indonesia)

Editor: Fransina
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
178091 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas