Berjemur Turunkan Tekanan Darah
Rutin terpapar sinar matahari diketahui membantu mengurangi tekanan darah, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
Rutin
terpapar sinar matahari diketahui membantu mengurangi tekanan darah,
serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini dibuktikan
oleh penelitian yang dilakukan tim dari University of Edinburgh terhadap
24 responden.
Dalam studi ini para responden duduk di bawah
lampu tanning yang memancarkan sinar ultraviolet selama 2 sesi
masing-masing 20 menit.
Pada satu sesi, responden dipaparkan
pada sinar UV dan panas lampu. Pada sesi lain sinar UV ditahan sehingga
rsponden hanya merasakan panas dari lampu.
Hasil penelitian
menunjukkan tekanan darah para partisipan turun signifikan setelah satu
jam terpapar sinar UV. Namun hal yang sama tidak terjadi setelah paparan
UV berhenti dan hanya digantikan panas.
"Penelitian ini
sekaligus membuktikan kenapa konsumsi vitamin D tidak mampu menggantikan
kekurangan sinar matahari," kata pengajar senior bidang kesehatan kulit
University of Edinburgh, Dr. Richard Weller.
Ia menambahkan,
manfaat yang didapat tubuh dari sinar matahari melebihi risiko penyakit
kanker kulit. Karena itu tak perlu berjemur di bawah sinar matahari.
Manfaat
sinar matahari terjadi karena adanya peningkatan komponen nitrat oksida
stelah terpapar sinar matahari. Nitrat oksida ini diketahui membantu
menurunkan tekanan darah.