• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Penitipan Mahasiswa ITK di ITS Diperpanjang

Jumat, 24 Mei 2013 21:23 WIB
BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Terhambatnya pembangunan kampus Institut Teknologi Kalimantan (ITK) di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara, mengakibatkan target perkuliahan menjadi molor. Awalnya, Pemprov Kaltim menargetkan mahasiswa angkatan pertama tahun ajaran 2012/2013 yang kini dititip di ITS, bisa ditarik kembali untuk melanjutkan kuliah di Balikpapan pada tahun ini.

Namun lantaran sejumlah fasilitas penunjang seperti jalan, listrik, dan air, belum sepenuhnya rampung, maka proses perkuliahan di ITS pun diperpanjang. "Walaupun kita sudah punya gedungnya, tapi selama fasilitas lain belum selesai, ya belum bisa dipakai kuliah. Konsekwensinya, penitipan di ITS akan diperpanjang sampai betul-betul siap," ujar Asisten II Setkot Balikpapan, Sri Sutantinah, Jumat (24/5/2013).

Tantin, demikian ia akrab disapa, pesimistis proyek fisik bisa selesai pada tahun ini. Karena masih terganjal pada masalah lahan, sehingga diperkirakan paling cepat selesai tahun 2014 mendatang.

Diketahui, jumlah mahasiswa ITK angkatan pertama berjumlah sebanyak 100 orang. Mereka mengisi lima program studi yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Teknik Perkapalan. Sedangkan untuk mahasiswa baru (Maba) angkatan kedua tahun ajaran 2012/2013, proses perkuliahannya juga tetap dititip di ITS, hingga pembangunan kampus ITK betul-betul dinyatakan siap.

Hanya saja, untuk kuota maba tahun ini diperkirakan akan mengalami pengurangan dari tahun sebelumnya. Mengingat kemampuan kursi di kampus ITS sangat terbatas.

"Soal kuota kemungkinan saja ada pengurangan, tapi saya belum tahu persis. Karena penerimaan maba ITK ini akan mengupdate kuota yang diterima ITS dulu," jelasnya. (*)
Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Sumarsono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas