Senin, 25 Mei 2015

Kunci Sukses Elva Raih Nilai Tertinggi UN Se-Jakarta

Senin, 27 Mei 2013 13:36


Sambil duduk bersama ibunya di sebuah sofa hitam di ruang tamu rumahnya, Elva menceritakan bagaimana ia dapat mencapai prestasi tersebut. Ketika Kompas.com berkunjung ke rumahnya di Jalan Kelapa Lilin, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Elva yang dikenal teman-temannya sebagai sosok pendiam kala itu tidak banyak bicara.


Hanya beberapa patah kata saja yang keluar dari mulut wanita berkacamata ini. Kedua orangtuanya yang mendampinginya mewakilinya menjawab beberapa pertanyaan. Jelas bahwa kedua orangtua Elva merasa bangga atas prestasi yang diraih putri bungsunya itu.


Elva merupakan siswi SMAK 5 BPK Penabur, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Karena mendapatkan nilai ujian nasional dengan rata-rata 9,75 dari enam pelajaran, gadis berusia 18 tahun ini mendapatkan predikat sebagai pelajar dengan nilai kelulusan terbaik se-Jakarta atau terbaik ke-6 di seluruh Indonesia.


Elva mengatakan bahwa cara belajar dirinya sama dengan siswa-siswa lainnya. Ia hanya mengulang-ulang apa yang sudah didapatnya di sekolah dengan membaca dan memecahkan kembali soal-soal yang ada ketika sudah berada di rumah.


"Rajin belajar aja dan disiplin. Kalau belum mengerti, belum berhenti belajarnya," ujarnya sambil memegang lengan ibunda di sebelahnya, Sabtu (25/5/2013).


Steven Yap (53) dan Sutjati (47), orangtua Elva, mengatakan, putrinya selalu belajar dengan sendirinya, tanpa disuruh. Mereka mengatakan bahwa budaya disiplin sudah ditanamkan kepada kedua anaknya sejak usia dini.

Halaman123
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About us Help
Atas