Senin, 24 November 2014
Tribun Kaltim

Nilai Raport Acuan Masuk SMK 1 Nunukan

Minggu, 9 Juni 2013 16:46 WIB

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Berbeda dengan sejumlah sekolah yang menggunakan hasil ujian akhir sebagai acuan rangking, SMK 1 Nunukan menggunakan nilai raport pada penerimaan siswa baru (PSB) tahun pelajaran 2013/2014.


Kepala SMK 1 Nunukan Lasali mengatakan, pada PSB kali ini, nilai rapor semester ganjil tingkat SMP dijadikan persyaratan utama.


“Mengingat semester ganjil tiap jenjang menjadi patokan menilai siswa tersebut mampu atau tidak dalam akademik? Jika dibandingkan dengan nilai semester genap, ada kekhawatiran nilai raport merupakan nilai kebijakan,” ujarnya.


Menurutnya, nilai raport dijadikan acuan untuk menghargai guru-guru di SMP yang selama tiga tahun mengajar anak didiknya.


“Nilai raport yang menjadi prioritas, supaya kita betul-betul menghargai teman-teman kami di SMP. Makanya bukan hasil Ujian Nasional. Jadi yang kita gunakan nilai raport semester satu, tiga dan lima,” ujarnya.


Untuk mendaftar sebagai siswa baru di SMK 1 Nunukan, setiap calon siswa harus menyertakan raport dan surat keterangan hasil ujian (SKHU) SMP.

“Tentunya harus membawa raport maupun SKHU yang asli dan fotokopi," ujarnya.

SMK 1 Nunukan dengan lima jurusan masing-masing
Jurusan Pertanian, Jurusan Perikanan, Jurusan Multimedia, Jurusan Administrasi Perkantoran dan Jurusan Akutansi, pada tahun ini membuka membuka PSB untuk mengisi lowongan di 12 rombongan belajar.Setiap rombongan belajar 36 siswa. Itulah jumlah siswa yang kami terima tahun ini,” ujarnya.


Penerimaan siswa baru tingkat  SMP, MTs, SMA, MA dan SMK di sekolah negeri maupun swasta di Nunukan digelar serentak pada  18- 22 Juni 2013.


Lasali mengatakan, tahun ini pihaknya belum membuka jurusan baru saat PSB. “Kita memang ada perencanaan mau buka program baru, cuma ada masalah pada SDM. Karena harus ada minimal satu atau dua orang baru bisa kita buka yang baru. Sekarang ini kendalanya itu untuk membuka program baru, jadi kita belum berani,” ujarnya.
Penulis: Niko Ruru
Editor: Fransina

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas