A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Cara Tepat Menyeduh Teh Oolong - Tribun Kaltim
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 23 April 2014
Tribun Kaltim

Cara Tepat Menyeduh Teh Oolong

Rabu, 12 Juni 2013 09:15 WIB
Tribunkaltim.co.id- Bagi penikmat teh, menyeduh daun teh dan menikmati secangkir teh pasti memberikan sensasi tersendiri. Menyeduh teh memang tidak bisa sembarangan, dan harus mengikuti tata cara yang benar agar rasanya lebih enak saat diminum. Salah menyeduh, rasanya bisa jadi pahit, dan warnanya jadi terlalu pekat.

Sedikit berbeda dengan teh lainnya, teh oolong yang bentuk daunnya tergulung-gulung bulat, punya cara menyeduh sendiri agar rasanya jadi lebih nikmat. Anda tidak bisa sekadar merendamnya ke dalam air panas, menyaring lalu meminumnya, demikian menurut pakar teh Ratna Somantri, saat peluncuran minuman teh oolong dalam botol di Jakarta beberapa waktu lalu. Begini menyeduh teh oolong menurut Ratna:

1. Seduh dengan menggunakan teko keramik China (yixing teapot) atau modern teapot. Sebelum memasukkan daun teh ke dalamnya, bilas dulu teko dengan air panas. Ini berguna untuk "memanaskan" dinding teko agar suhunya sama dengan air panas sehingga daun teh bisa mengeluarkan aroma dan warnanya dengan sempurna.

2. Ketika menyeduh dengan chinese teapot, takaran dauh teh yang harus dimasukkan ke dalamnya adalah seperempat volume teapot-nya. Sedangkan jika menggunakan modern teapot ukuran 500 cc, maka daun teh yang digunakan adalah tiga sendok teh.

3..Kemudian masukkan air panas dengan suhu 90 derajat Celcius. Diamkan teh selama 30-40 detik, lalu buang seduhan pertamanya. Setelah itu, seduh lagi dengan air panas, dan diamkan 3-4 menit ke dalam cangkir, dan teh siap dinikmati. Daun teh oolong ini masih bisa diseduh 3-4 kali lagi.

4. Jika ingin menikmati teh oolong dingin, Anda bisa menambahkan satu sendok makan teh oolong ke dalam tempat air atau botol satu liter. Kemudian, seduh dengan cara yang sama dengan cara membuat teh panas. Setelah dingin masukkan ke dalam chiller, dan diamkan selama enam jam. Kemudian saring teh ke gelas. Teh dingin ini bisa disimpan dalam chiller maksimal tiga hari dalam botol tertutup.
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
201832 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas