• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Mendagri Desak Mundur Anggota DPRD yang Loncat Partai

Kamis, 27 Juni 2013 21:35 WIB

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Anggota DPRD yang kini menjadi calon anggota legislatif (Caleg) melalui partai politik lain harus segera memproses pengunduran dirinya dalam waktu cepat. Pasalnya, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, telah melayangkan surat edaran tentang pemberhentian antar waktu.

Surat bernomor 161/3294/SJ tertanggal 24 Juni 2013 itu dikirim ke seluruh Gubernur, Ketua DPRD Provinsi, Ketua DPRD Kabupaten/Kota, dan Bupati/Walikota. Surat yang ditandatangani langsung oleh Mendagri tersebut juga ditembuskan ke Presiden, KPU, serta seluruh pimpinan partai politik.

"Inti surat itu bahwa dengan adanya pengunduran diri oleh anggota DPRD melalui formulir BB5, maka dengan surat itu Ketua DPRD harus menyurati partai yang anggota DPR-nya sudah pindah ke partai lain. Apabila 14 hari tidak direspon oleh partai yang bersangkutan, maka Ketua DPRD langsung menyurati Gubernur melalui Walikota untuk dilaksanakan pemberhentian antar waktu, tanpa ada pengganti," ungkap Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Balikpapan Syafruddin, kepada tribunkaltim.co.id, Kamis (27/6/2013).

Syafruddin menerima surat Mendagri tersebut saat melakukan kunjungan ke Jakarta belum lama ini. Surat itu akan disampaikannya kepada Ketua DPRD Balikpapan untuk disikapi lebih lanjut. "Tempo hari saya dititipi surat ini di Kemendagri, dan ini segera mau saya sampaikan ke Ketua DPRD," terangnya.

Lebih lanjut politisi PBB ini mengatakan, dengan adanya surat tersebut maka pimpinan DPRD tidak perlu menunggu pengumuman daftar calon tetap (DCT) oleh KPU, yang akan disampaikan pada 24 Agustus mendatang. "Amanat surat itu harus dilaksanakan, artinya tidak perlu lagi menunggu DCT," tandasnya.

Untuk diketahui, di DPRD Balikpapan ada 4 nama yang maju kembali sebagai Caleg di Pemilu 2014 melalui kendaraan partai lain. Keempat nama tersebut sejauh ini belum memasukkan surat pengunduran diri ke pimpinan DPRD.

Penulis: Syaiful Syafar
Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas