• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribun Kaltim

Nunukan Miliki 11 Cerita Rakyat

Kamis, 1 Agustus 2013 20:30 WIB
NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Kabupaten Nunukan baru memiliki 11 cerita rakyat, yang berasal dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Nunukan. Cerita rakyat tersebut diperoleh dari syambera yang digelar Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Daerah (KPAD) Kabupaten Nunukan, tahun lalu.
 
Cerita cerita rakyat yang berkembang di Kabupaten Nunukan itu yaitu,  Sejarah Gora Moyang di Kecamatan Krayan, Asal Mula Dulun Sebuku, Guya Muyang dan Layung Sari, Sejarah Asal Mula Nunukan, Dongeng Yupai Semaring di Krayan, Asal Mula Nama Desa Atap, Asal Mula Nama Desa Pembeliangan dan Terbentuknya Kecamatan Sebuku, Asal Usul Batu Lamampu, Sejarah Ringkas Pulau Sebatik,Yaki Bumbulis, Ibataol dan Putri Kayangan.

Kepala KPAD Nunukan Hajjah Susilawaty mengatakan, pada lomba cerita rakyat Kabupaten Nunukan tahun lalu pihaknya telah mendapatkan enam pemenang dari 11 cerita rakyat yang diseleksi. Sebagai tindaklanjutnya, cerita-cerita ituk dibukukan dalam bentuk Kumpulan Cerita Rakyat tahun 2012.
 
“Nanti 2013 kita melihat lagi dengan koleksi yang baru,” ujarnya.
Cerita rakyat ini merupakan penelusuran sejarah di Kabupaten Nunukan. Diharapkan sejarah yang hampir hilang bisa tergali dengan baik.
“Generasi yang mempunyai legenda itu suatu saat akan musnah, sementara tidak ada lagi penerusnya yang bisa menceritakan. Karena itu perlu kita buatkan buku. Sehingga walaupun generasi yang punya cerita itu sudah tidak ada, masih ada buku-bukunya. Buku yang kita cetak selain disimpan di perpustakaan daerah, kita teruskan juga ke perpustakaan sekolah,” ujarnya.
Selain dalam bentuk buku, pelestarian cerita rakyat ini dilakukan melalui lomba bercerita yang diikuti murid murid sekolah dasar.


Penulis: Niko Ruru
Editor: Fransina
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
226632 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
berita POPULER
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas