Kamis, 27 November 2014
Tribun Kaltim

Pilgub Kaltim Dijaga 600 Personel Brimob

Kamis, 22 Agustus 2013 21:27 WIB

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Guna membantu pengamanan jelang pemilihan Gubernur Kaltim 2013/2018, Brigade Mobil (Brimob) Kelapa Dua telah mengirimkan 210 personel yang diperbantukan di Bawah Operasi Kendali (BKO) Polda Kaltim. Nantinya 210 personel Brimob Kelapa Dua ini bergabung 400 personel Brimob Polda Kaltim. Seluruh personel Brimob ini nanti akan akan menjaga selama pelaksanaan pilgub hingga tuntas.

"Ada sekitar 600 lebih personel yang akan menjaga lancarnya pelaksanaan pilgub," ujar Kasat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Leo Bona Lubis usai memberi arahan di ruang Mahakam, Kamis (22/8).  Leo memberikan penjelasan kepada anggota Brimob nanti menjaga dengan disiplin dan tentunya netral.

Ia menekankan kepada jajaranya nanti mampu mendeteksi potensi konflik bila ditemukan adanya protes dari pendukung salah satu peserta cagub dan cawagub. Bisa karena tidak puas atas hasil pilgub sehingga terjadi pergolakan pilgub. Kemudian meminimalisir kemungkinan terjadinya konflik horizontal antar suku, ormas atau massa pendukung.

Potensi ketidakpuasan massa atas hasil pilgub nanti konsentrasi penjagaan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Antisipasi adanya penolakan pemilukada, adanya konflik internal atau eksternal parpol," katanya. Termasuk menjaga objek vital nasional yang ada di sekitar Kaltim.

Leo menambahkan penjagaan mendapat porsi lebih besar di tiga kota yakni Balikpapan, Samarinda dan Tarakan. Ketiga kota ini merupakan titik paling besar mendulang suara bagi peserta pemilukada. "Balikpapan, Samarinda, Tarakan ini dianggap memiliki suara paling banyak dibanding kota lainnya, untuk itu mendapat perhatian lebih," ujarnya.

Sebelum mendapat pemaparan, anggota Brimob Kelapa Dua disambut Kapolda Kaltim Irjen Pol Dicky Atotoy dalam upacara penyematan pita di halaman Mapolda. Masing-masing personel dibekali senjata lengkap, rompi antipeluru, helm keplar, dan kelengkapan keamanan lainnya.

Editor: Adhinata Kusuma
Sumber: Tribun Kaltim

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas