• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Kaltim

​HIMPAUDI Nunukan Safari Pembinaan

Minggu, 8 September 2013 12:58 WIB

NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Ada banyak cara untuk melaksanakan pembinaan kepada para penyelenggara dan Tutor bagi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Seperti yang dilakukan oleh Ketua HIMPAUDI Kabupaten Nunukan Rahayu Suryani  beserta rombongannya.

Kegiatan tersebut dituliskan Koordinator Penyuluh Kabupaten Nunukan Heru Wihartopo yang dikirimkan kepada tribunkaltim.co.id (Tribunnews Network). Berikut tulisannya.

Iras irus silaturahmi di tempat kawan-kawan sesama penyelenggara dan tutor PAUD di pelosok-pelosong desa di Kabupaten Nunukan dalam bulan Syawal, sekalian mengadakan pembinaan dan bimbingan. Walaupun untuk menuju ke tempat itu sangat memerlukan kemauan yang tinggi, karena jalan menuju ke tempat itu rata-rata masih sangat membahayakan bagi ibu-ibu yang melawati dengan kendaraan roda dua. Namun karena tampaknya semangat kawan-kawan para tutor dan penyelenggara PAUD yang tergabung dalam HIMPAUDI sangat tinggi, walau resiko apapun tak menghalanginya niat untuk bertemu, berkumpul dan belajar bersama-sama, tukar pengalaman dan pengetahuan yang telah di dapat dalam bentuk metode-metode baru untuk penyelenggaraan PAUD.

Pembinaan dilaksanakan untuk tetap memberikan dorongan semangat dan tanggung jawab kepada para tutor dan penyelenggara PAUD di Nunukan.

“Kita harus tetap bersemangat dan bertanggung jawab terhadap pendidikan anak-anak bangsa kita, kalau bukan kita-kita yang mendidik masa kita mau berharap kepada Kerajaan Malaysia. Walaupun imbalan sementara ini kadang terasa sangat tidak seimbang dengan tenaga, waktu dan curahan pikiran kita. Tetapi percayalah bahwa yang kita lakukan ini adalah tidak akan sia-sia. Cepat atau lambat kita akan mendapatkan balasan atas segala kebaikan yang telah kita korbankan untuk mendidik anak-anak kita,” kata Rahayu Suryani saat ditemui dalam kunjungannya ke tempat PAUD Kesuma Bangsa di Kilo 8 Binusan dalam yang dikelola Bu Sania. Dimana selain mengelola PAUD juga membina beberapa anak TKI yang tak pernah bersekolah di Sabah.

Bimbingan untuk menambah kemampuan para tutor dan penyelenggara dalam melaksanakan penyelenggaraan pendidikan dengan mengadakan senam PAUD bersama agar para tutor dan penyelenggara lebih terampil dan mantap dalam memberikan bimbingan ke anak-anak didik di PAUDnya masing-masing.

“Namanya senam itu kan keterampilan, kalau tidak diajak untuk mengulang-ulang praktek kan mudah saja lupa. Ya hitung-hitung juga senam untuk kesehatannya sendiri kan? Kan kalau penyelenggara dan tutornya rajin senam juga akan bertambah sehat. Tetapi kalau tidak sama-sama begini selalu saja malas kalau sendirian,” kata bunda Ayu panggilan akrab Rahayu Suryani yang didampingi Ketua Penyelenggara PAUD Tunas Bangsa Sungai Fatimah Sri Pamungkas Lestari.

Ada yang perlu kita contoh dari para penyelenggara kegiatan PAUD itu, yaitu kesederhanaannya. Padahal hampir sama juga loh kegiatan ibu-ibu Himpaudi itu semacam resesnya DPRD karena tempatnya yang jauh-jauh ke pelosok desa. Yang patut kita contoh lagi termasuk teknik penyediaan konsumsi, masing-masing bawa sendiri-sendiri, ada buras ada jalangkote, ada bawa pepes bandeng, ada macem-macemlah dan tinggal tukar makan aja. Yang unik sambil makan-makan saling berceloteh “Ibu-ibu yang terlambat panjat kelapa muda buat minum bersama”, celotek Bu Nana salah satu tutor yang paling energik.

Penulis: Niko Ruru
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
248132 articles 6 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas