Kongres Kebudayaan Kaltara Kembangkan Kearifan Lokal

Lembaga Bintang Utara, Kalimantan Utara, akan menggagas Kongres Kebudayaan Kaltara I.

KALTARA - Lembaga Bintang Utara, Kalimantan Utara, akan menggagas Kongres Kebudayaan Kaltara I. Agenda itu untuk mengembangkan kearifan lokal melalui seni dan budaya.

Menurut Ketua Umum Bintang Utara, Jimmy Borneo, selama ini generasi muda dan masyarakat umum banyak meninggalkan warisan kearifan lokal. Padahal, sebagai provinsi termuda, pengembangan seni budaya di Kaltara sangat strategis.

Kaltara, lanjut Jimmy, perlu menguatkan dan mengembangkan identitas budayanya. "Apalagi bagi propinsi di garda terdepan NKRI," ujarnya, Rabu (22/1/2014).

Jimmy menjelaskan, Kaltara menjadi satu propinsi sentral membendung budaya barat yang dinilai bisa merusak generasi. "Sebelum kongres kebudayaan, kita telah menghelat sejumlah agenda budaya," katanya. Antara lain, pentas seni budaya, parade seni, dan agenda budaya lainnya di Kaltara.

Kongres Kebudayaan Kaltara I, rencananya digelar 7-9 Feberuari 2014 di Hotel Kaltara. Perhelatan bersejarah bagi insan budaya di Kaltara ini akan menghadirkan sejumlah pemateri.

Di antaranya, Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie, Bupati/walikota se-Kaltara, budayawan, redaktur Harian Republika Jakarta, penulis buku, tokoh adat, dan pemateri lain. Delegasi pelajar dan guru se-Kaltara juga siap menghadiri perhelatan ini.

Diharapkan, kongres tersebut bisa merumuskan sejumlah rekomendasi yang akan dibawa ke pusat. "Kami mohon doa dan dukungan seluruh pihak. Kaltara memiliki peran penting menjaga budaya lokal," tutur Jimmy. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved