TribunKaltim/

18 Bangunan Kantor Pemkab KTT Ludes Terbakar

Sebanyak 18 kantor dinas dan badan di lingkungan Pemkab Tana Tidung hangus dilalap si jago merah.

18 Bangunan Kantor Pemkab KTT Ludes Terbakar
mathias/tribunkaltim
Ratusan warga ikut membantu memadamkan api

TANA TIDUNG, tribunkaltim.co.id - Sebanyak 18 kantor dinas dan badan di lingkungan Pemkab Tana Tidung hangus dilalap si jago merah. Kebakaran yang bermula dari Kantor Disdik saat jam istirahat pegawai, sehingga tidak barang-barang atau berkas-berkas penting tidak bisa terselamatkan.  18 Bangunan kantor itu berada dalam satu komplek di Jalan Perintis Kemerdekaan dengan jarak antar kantor tidak lebih dari dua meter.

Nanang Masrane, seorang pegawai Disdik dan rekannya yang membawa anak kecil berlarian keluar. Namun sebelumnya Nanang berusaha mendobrak pintu tempat penyimpanan soal ujian nasional SD. Saat pintu berhasil dibuka asap hitam sudah memenuhi ruangan dan api sudah masuk ruangan sehingga Nanang gagal menyelamatkan soal ujian itu.

Saat kantor disdik terbakar belum banyak pegawai yang datang sehingga tidak banyak barang yang dapat diselamatkan. Bantuan petugas pemadam kebakaran pun belum juga terlihat, sementara api sudah melalap seluruh kantor itu hingga ke atap. Pemadam kebakaran tidak mampu menanggulangi amukan api sehingga kantor lainpun tinggal menunggu giliran.  Apalagi siang itu sangat panas sehingga api dengan mudah membakar apa yang ada di sekitarnya.

Selain cuaca panas, bangunan kantor terbuat dari kayu sehingga mudah terbakar, apalagi sedikit terbantu angin. Para pegawai yang tadinya pulang beristirahat di rumah berdatangan ketika api sudah merembet ke kantor  Disduk  sebelah kanan kantor Disdik dan kantor Bappeda sebelah kiri Disdik. Informasi dari warga sekitar setelah api membakar kantor disdik api merambat ke kantor BKD yang berada persisi di belakang Disdik.

Setelah para pegawai berdata barulah mereka mengeluarkan barang-barang dari dalam kantor. Namun sebagian besar pegawai terlambat menyelamatkan berkas atau dokumen penting lainnya karena api sudah dekat dan suhu udara di sekitar tempat kejadian sangat panas. Panasnya  bisa mencapai sekitar 100 meter dari titik kebakaran, sehingga para pegawai yang hendak menyelamatkan barang-barang kantor tidak sanggup mendekat ke kantor.

Para pegawai dan warga yang datang terpaksa menjadi penonton karena tidak bisa berbuat apa-apa untuk  menyelamatkan barang-barang kantor. Mereka pasrah karena tidak lagi sanggup. Wajah-wajah yang sebelumnya cerah ceria kemarin tampak tegang, pucat karena kehilangan banyak berkas bahkan ada yang jatuh karena lemas. (*)

Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help