Menhut Mimpi KRB seperti Garden By di Singapura

Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, yang hadir dalam peresmian bermimpi keberadaan KRB nantinya bisa meyaingi Garden By the Bay yang ada di Singapura.

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id - Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan, yang hadir dalam peresmian bermimpi keberadaan KRB nantinya bisa meyaingi Garden By the Bay yang ada di Singapura.

Di negara pulau itu ia mengatakan dengan luasan yang hanya 100 hektare tapi ketika dikelola dengan baik tentunya akan banyak keuntungan yang bisa diraih baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.

Dari sisi ekonomi misalnya Garden By The Bay telah mampu meraup pendapatan kurang lebih Rp 1 triliun pertahunnya, dan menyumbang devisa yang cukup besar bagi negara itu.

"KRB ini kalau dikelola dengan baik pasti sangat menguntungkan saya kira yang pernah ke Garden By The Bay  bisa melihat bagaimana lahan yang cuma 100 hektare itu ditata sedemikian rupa," katanya.

Sementara dari segi lingkungan ia juga mengatakan banyak keuntungan yang diperoleh Balikpapan jika area KRB dikelola dengan baik, apalagi wilayah ini masuk dalam Kawasan Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) yang juga merupakan sumber air bagi Kota Balikpapan.

Sementara itu sebelumnya Walikota Bakikpapan, Rizal Effendi mengatakan untuk berapa bulan kedepan pengunjung yang masuk ke KRB tidak akan dieknai biaya sampai terbitnya peraturan baik Perwali atapun Perda yang mengatur hal tersebut.

Dirinya juga mengatakan untuk meumudahkan pengelolaan akan dibentuk  UPTD yang khusus menangani KRB sebagaimana diterapkan di objek wisata lainnya yang dimiliki oleh pemerintah kota. (*)

Penulis: Januar Alamijaya
Editor: Sumarsono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved