Stand Up Comedy

Sering Diolok, Baim Malah Jadi Terkenal

BAIM akrab disapa, merupakan komika asal Balikpapan yang berhasil memenangkan golden ticket mengikuti seleksi 16 besar Stand Up Comedy Indonesia (

Sering Diolok, Baim Malah Jadi Terkenal
TRIBUN KALTIM/ Ade Miranti
Baim

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Ade Miranti

TRIBUNKALTIM.CO- "AKU sering diolokin babi imut makanya disingkat Baim. Mukaku juga dibilang mirip Baim cilik." Begitu penjelasan Ichsan Dhanny mengapa ia lebih dikenal dengan nama Baim.

BAIM akrab disapa, merupakan komika asal Balikpapan yang berhasil memenangkan golden ticket mengikuti seleksi 16 besar Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Jakarta, 20 Februari kemarin. Sekitar 300an orang dari berbagai kota mengikuti audisi SUCI, 10 orang termasuk Baim yang berhasil dapatkan golden ticket.

"Aku ikut audisi di Jogja, lokasinya Taman Budaya Yogyakarta. Sudah dari November tahun kemarin, kalau nggak salah tanggal 29. Waktu itu ada sekitar 300an yang mendaftar. Ternyata hanya 10 orang yang lolos termasuk aku," kata cowok yang bertubuh gempal, rambut kriwil dengan wajah mirip Baim cilik itu.

Pada saat audisi, lanjutnya, 300an peserta yang mendaftar, ia menceritakan pengalaman kala itu menghadapi juri SUCI serta kegagalan beberapa peserta. Juri yang menilai saat audisi di Jogja, kata Baim, pelawak senior, Indro Warkop dan penulis sekaligus sutradara muda, Raditya Dika.

"300 peserta itu, ada yang dari Semarang, Solo, dari Jogja sendiri. Nah.. Aku kebetulan punya teman di sana (Jogja), sekalian aja ikut audisinya. Kalau ku lihat semua peserta bagus-bagus, tapi mereka gagalnya kebanyakan gugup. Ada juga materinya kepanjangan. Waktu yang dikasih singkat banget, cuma tiga menit. Aku sendiri juga nervous, apalagi waktunya singkat," urainya. (BACA: Stand Up Comedy Balikpapan, Komika Termuda Kelas 6 SD)

Ternyata, Baim, mahasiswa semester akhir di STIE Madani itu pernah mendaftar audisi SUCI season III di kota yang sama. Namun, usahanya baru kali ini berhasil dapatkan golden ticket. Ia merasa siap mengikuti audisi SUCI season V, karena sempat setahun merasa harus melatih terus materi dan gaya komedi dengan waktu singkat tiap open mic bahkan di acara-acara besar.

"Pernah ikut audisi SUCI season III tahun 2013 di Jogja juga. Tapi, nggak lolos. Pengen ikut audisi season IVnya, aku merasa belum siap. Setahun itu aku kumpulin materiku. Nah.. Aku ngerasa sudah siap, daftar deh di season V," ujarnya selesai tampil stand up pada acara "Romantic with Laugh" di Jupiter room lantai 5, Hotel Graha Bintang Balikpapan, belum lama ini.
Hanya tiga menit waktu yang diberikan kepada peserta audisi di Jogja, Baim saat itu membawakan dua materi. Yaitu, menggambarkan dirinya pribadi yang lucu dan pengalaman selama dia berkuliah.

"Waktu audisi disuruh berikan materi selama 3 menit. Terus aku membawakan materi tentang diriku sendiri sama pengalaman lucu waktu kuliah," katanya.

Juwi Purwoto, komika ternama asal Bogor menjadi panutan Baim sampai sekarang. Tertarik pada dunia melawak karena sering menonton aksi komika Street Comedy pada satu stasiun televisi nasional sejak SMA. Ia pun memilih bergabung di Komunitas Stand Up Comedy Balikpapan (SUCB) Juni 2012.

"Aku waktu SMA suka nonton acara Street Comedy di Metro TV. Waktu itu ada Juwi Purwoto, menurutku dia komika terlucu. Tiap stand up pasti materinya unik. Setelah nonton itu, pengen nyoba. Akhirnya aku coba gabung di Stand Up Comedy Balikpapan, kalau nggak salah Juni 2012," katanya. (BACA: Dodit Penuhi Undangan Stand Up Comedy Tenggarong)

Ia menyebutkan, ada 24 peserta audisi yang mendapat golden ticket lolos ke Jakarta. Tanggal 20 Februari di Studio Kompas TV, Baim dan peserta lain bakal melakukan rekaman dengan batas waktu hanya 5 menit saja. Cowok yang merasa dirinya lucu karena faktor tubuhnya yang gempal itu, sudah menyiapkan materi tak jauh seputar percintaan.

"Katanya ada 24 peserta yang dapat golden ticket. Audisinya ada di Surabaya, Pontianak, Bandung, Jakarta, Pekanbaru, Jogja sama Makassar. Total 1.558 yang ikut audisi seluruh Indonesia. Tanggal 20 nanti aku taping di Kompas TV selama 5 menit. Katanya sih, seleksi lagi jadi 16 besar. Aku udah siapkan materi tentang seseorang yang ungkapin cinta ke pasangannya," sebutnya. (*)

Nama lengkap: Ichsan Danny (Baim)
TTL: Balikpapan, 4 Mei 1992
Alamat: Jalan Telindung, Balikpapan Utara
Status pendidikan: Semester akhir jurusan Akutansi, Universitas Stie Madani Balikpapan
Panutan komika: Juwi Purwoto

Penulis: Ade Miranti
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved