TribunKaltim/

Green Gowes Community

Green Gowes Community Samarinda Inginkan Jalur Khusus Sepeda

Usulan fasilitas bagi pengguna sepeda di kota Samarinda merupakan aspirasi setelah gowes rutin tiap Sabtu sore

Green Gowes Community Samarinda Inginkan Jalur Khusus Sepeda
Tribun Kaltim/Nevrianto
Gowes Sabtuan Green Gowes Community (GGC)Tribun Kaltim Samarinda, diikuti 22 orang baik anggota GGC maupun 3 goweser baru, Sabtu (8/11/2014) jam 16.00 sore. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Antusiasme warga Samarinda berolahraga sepeda atau gowes membuat sejumlah goweser menginginkan jalur khusus untuk bersepeda seperti yang telah ada di Kota Balikpapan maupun Kota Bontang.

Green Gowes Community (GGC) sebagai salah satu komunitas sepeda di kota Samarinda meminta pada pemerintah kota dan Pemerintah Provinsi untuk membuat fasilitas bagi pengguna sepeda di kota Samarinda.

Usulan fasilitas bagi pengguna sepeda di kota Samarinda merupakan aspirasi setelah gowes rutin tiap Sabtu sore pada 22-23 maret lalu saat kegiatan bersepada di alam bebas.

Menurut peserta kegiatan gowes sabtuan, Ahmad FIrdaus, pengadaan fasilitas bersepeda di kota Samarinda penting.

"Tersedianya sarana pendukung seperti sarana parkir sepeda di tempat umum, jalur sepeda di jalan penting, supaya para pesepeda atau goweser tak perlu takut atau bingung memarkir sepeda,"ujarnya.

Sementara siswa yang gemar bersepeda Fathan Aditya, mengaku dirinya terkadang enggan bersepeda karena di sekolah dan beberapa tempat yang sering dikunjungi tidak memiliki sarana parkir sepeda.

Menurutnya jika fasilitas parkir sepda banyak di buat di Kota Samarinda, dirinya dan teman teman sekolahnya tentunya akan senang jika menggunakan sepeda dibandingkan kendaraan bermotor karena berhemat dan mengurangi polusi.

Permintaan pembuatan sarana bagi pengguna speeda di kota Samarinda menjadi perhatian khusus GGC Samarinda.

"Sebagai wadah komunikasi goweser kota sSamarinda, Green Gowes Community (GGC) Samarinda berencana akan berkomunikasi dengan Pemerintah Kota maupun Provinsi dan pihak-pihak yang bersedia mendukung rencana tersebut, sehingga menjadikan kota Samarinda yuang bersih, hijau dan tertitb dapat kita wujudkan," ujarnya.

Selain tempat parkir, pihaknya mengusulkan pada pemerintah menyediakan jalur khusus berupa garis marka di pinggir jalan untuk pesepeda mulai dari jalan Gajah Mada, Kecamatan Samarinda Kota, jalan RE Martadinata Kelurahan Teluk Lerong, jalan Selamet Riyadi Kecamatan Sungai Kunjang arah ke Jembatan Mahakam.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang menyatakan akan mempelajari usulan GGC. "Usulan yang bagus itu, saya pernah lihat di Jogja ada jalur khusus untuk pesepeda, saya juga suka bersepeda dan punya sepeda di rumah. Usulan jalur dan fasilitas sepeda akan saya pelajari dulu," katanya. (*)

Penulis: Nevrianto
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help