TribunKaltim/

Berita Eksklusif

Waspada, Migren, Stroke Berasal dari Ikan Perairan Mahakam Terkontaminasi

Ini menandakan air, makanan, udara yang kita hirup sudah terkontaminasi zat-zat berbahaya.

Waspada, Migren, Stroke Berasal dari Ikan Perairan Mahakam Terkontaminasi
TRIBUN KALTIM
TRIBUN KALTIM 

TRIBUNKALTIM.CO, KUKAR -Perairan Mahakam disinyalir tercemar. Banyak ikan terkontaminasi sehingga beracun dan membahayakan manusia bila memakannya.

Penjelasan ini disampaikan oleh Blego Sedionoto SKM MKes selaku Pembantu Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat Mulawarman kepada tim berita Eksklusif TRIBUNKALTIM.CO.

Menurut Blego, bersentuhan langsung dengan logam Fe (besi) dan Cu (Cuprum) bisa mengakibatkan iritasi bahkan kanker kulit.

"Contohnya di Newmont. Kedua zat ini memiliki daya iritasi. Bila terkonsumsi dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu, bisa mengakibatkan kanker," katanya.

Sementara, Pb (Plumbum), Cadmium (Cd), dalam jangka pendek bisa menyebabkan keracunan bila terkonsumsi cukup banyak.

Zat ini merebut oksigen di hemoglobin darah. Biasanya wajah jadi pucat.

"Untuk jangka panjang, dampak Pb dan Cadmium ini bisa menurunkan intelegensi. Anak-anak bukan tambah pinter, tapi malah daya memorinya justru terus menurun. Tak heran bila orang-orang tua dahulu, meski tingkat pendidikannya rendah, namun mereka cukup cerdas. Karena yang diminum dan dimakan masih terjaga higienitasnya," ungkapnya.

Menurutnya, tanda-tanda efek kandungan logam berat pun seringkali terabaikan.(Baca juga: Waspada, Ikan Beracun di Perairan Mahakam Picu Kanker)

"Migren salah satunya. Perlu diketahui juga, stroke, hipertensi, kini tak lagi hanya menyerang orang-orang kaya. Tapi orang-orang di pedesaan juga sudah tak asing dengan penyakit ini," ujarnya.

Ia menambahkan, orang desa yang makannya sederhana, tiba-tiba stroke, hipertensi, migren.

Halaman
1234
Editor: Ahmad Bayasut
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help