TribunKaltim/

Hillary Clinton Bakal Maju Lagi jadi Capres Amerika Serikat

Mantan ibu negara ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008 dan kini dipandang sebagai seorang calon kuat Partai Demokrat.

Hillary Clinton Bakal Maju Lagi jadi Capres Amerika Serikat
AFP Photo
Hillary Clinton 

TRIBUNKALTIM.CO - Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton akan mengumumkan pencalonannya sebagai presiden pada hari Minggu (12/04/2015), kata berbagai laporan media Amerika Serikat.

Clinton diduga akan mengumumkannya di media sosial.

Perempuan berusia 67 tahun ini lalu akan melakukan perjalanan ke Iowa dan New Hampshire untuk mengikuti dua pemilihan pendahuluan (primary) dalam pemilihan presiden tahun 2016.

Mantan ibu negara ini sebelumnya juga mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2008 dan kini dipandang sebagai seorang calon kuat untuk Partai Demokrat.

Sebagaimana dikutip Kompas.com dari BBC Indonesia, Clinton diduga akan meluncurkan sebuah video yang menggarisbawahi tema kampanyenya, tetapi mungkin tidak akan memberikan pidato resmi yang panjang.

Baru-baru ini Clinton dikritik karena menggunakan alamat email pribadi untuk melakukan tugasnya sebagai menteri luar negeri dan karena memiliki asisten pribadi yang memutuskan email yang mana yang boleh diberikan untuk dimasukkan ke dalam catatan publik.

Clinton ikut aktif dalam dunia politik ketika ia menjadi ibu negara saat suaminya Bill Clinton menjabat sebagai presiden dalam dua masa jabatan dan kemudian menjadi anggota senat AS selama beberapa tahun.

Tahun 2008 ia dikalahkan Presiden Barack Obama dalam pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Obama kemudian menunjuknya sebagai menteri luar negeri, jabatan yang dipegangnya sampai tahun 2013. (*)

Editor: Kholish Chered
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help