TribunKaltim/

GGC

Goweser Kompak Teken Petisi, Minta Pemerintah Bangun Jalur Sepeda

Acara gowes bersama bertujuan untuk memasyarakatkan sepeda, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar goweser se-Samarinda.

Goweser Kompak Teken Petisi, Minta Pemerintah Bangun Jalur Sepeda
Tribun Kaltim/Nevrianto
ILUSTRASI: Gowes Sabtuan Green Gowes Community (GGC)Tribun Kaltim Samarinda, diikuti 22 orang baik anggota GGC maupun 3 goweser baru, Sabtu (8/11/2014) jam 16.00 sore. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Sebanyak 400 goweser dari sejumlah klub di Samarinda berkumpul sejak pagi hari di gedung Koperasi Samudra Sejahtera (Komura), Jalan Pattimura, Samarinda Seberang, Ahad akhir pekan lalu. Tepatnya pada pukul 07.30 pagi.

Para goweser dilepas Ketua Komura, Jaffar Abdul Gaffar, yang juga ikut gowes memacu sepeda bersama puluhan anggota komunitas pesepeda Komura.

Jaffar yang juga anggota Komisi II DPRD Samarinda mengutarakan kegiatan ini bermanfaat membangun silaturahmi dan kebersamaan antar pesepeda atau goweser, sekaligus membulatkan semangat mendukung pengadaan fasilitas pendukung dan jalur bagi pesepeda di Kota Samarinda.

(Baca juga: Pensiunan Tentara Ini Sanggup Bersepeda hingga Pantai Ambalat)

''Saya harap even ini bisa jadi agenda tahunan. Saya juga ikut gowes tadi. Ada 400 orang dari berbagai klub dan komunitas sepeda. Ada juga doorprize 10 sepeda yang dihimpun panitia gowes dari dari Klub Gowes Komura,'' jelasnya.

Jaffar menilai, keberadaan jalur khusus sepeda di Kota Samarinda diperlukan agar warga berlalu lintas secara tertib dan saling peduli.

“Sekolah juga harus ada tempat parkir untuk sepeda, untuk mengarahkan anak bersepeda sejak dini. Dan bila kedepannya disetiap sekolah ada fasilitas parker sepeda, maka terjamin tidak gampang hilang,'' ujarnya.

Sementara itu, Tikwan Marsudi, selaku Ketua Ikatan Sepeda Sport Seluruh Indonesia (ISSI) Samarinda yang juga panitia mengutarakan acara gowes bersama bertujuan untuk memasyarakatkan sepeda, sekaligus menjadi ajang silaturahmi antar goweser se-Samarinda.

''Seluruh goweser yang hadir setuju dengan usulan pengadaan jalur sepeda dan tempat parkir di Kota Samarinda. Hal ini terbukti dengan antusiasme peserta gowes baik yang berasal dari komunitas maupun perorangan dalam menandatangani petisi petisi yang disediakan'', ujarnya .

Panitia menyiapkan rute yang asyik, melewati ruas jalan Mangkupalas, Rapak Dalam, Kompleks Grand Taman Sari (GTS), Simpang Pasir, dan kembali ke finish, Jarak tempuh kurang lebih 28 km.

Desy dari komunitas Busam Bicycle menyetujui adanya jalur sepeda.

''Sebelumnya dari komunitas Busam Bicycle sudah pernah bertemu Asisten Walikota mengenai usulan pengadaan jalur sepeda, tapi belum ada tindak lanjut,'' ujarnya.

Maulinda, dari komunitas CRB Rumah Sakit A.W Syahranie Samarinda mengutarakan sangat mendukung jalur sepeda.

''Sangat setuju. Dengan adanya jalur khusus sepeda, bisa memberi kenyamanan dan keamanan bagi pecinta sepeda saat melakukan aktivitas bersepeda di jalan raya. Selain itu juga dapat meningkat animo masyarakat untuk menggunakan sepeda dalam aktivitas keseharian,” katanya. (*)

Penulis: Nevrianto
Editor: Kholish Chered
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help