TribunKaltim/

Pemkot Fokus Jual Sarung Samarinda dan Sungai Mahakam

Kawasan tepian Sungai Mahakam, Samarinda memiliki potensi besar dikembangkan menjadi obyek wisata.

Pemkot Fokus Jual Sarung Samarinda dan Sungai Mahakam
TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO HP
Kawasan Tepian Mahakam dilihat dari Jembatan Mahakam, Selasa (7/7/2015). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Kawasan tepian Sungai Mahakam, Samarinda memiliki potensi besar dikembangkan menjadi obyek wisata.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kominfo Samarinda HM Faisal, ada beberapa rencana untuk pengembangan Tepian Mahakam.

Namun, untuk mewujudkan semua rencana tersebut masih perlu waktu, biaya, dan dukungan semua pihak. Sejauh ini, konsep penataan tepian Mahakam dilakukan tidak tumpang tindih dan selalu berkonsultasi dengan Pemprov Kaltim.

"Saat ini saya fokus bagaimana menjual sarung Samarinda dan Sungai Mahakam. Target saya untuk Samarinda Seberang, Kampung Tenun itu jadi destinasi wisata. Kedua, jadi sentral penjualan sarung. Dari penjual langsung ke pembeli dan tidak melalui tengkulak, " kata Faisal ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/7/2015).

Target lain lanjut Faisal, melestarikan perajin tenun sarung Samarinda dengan membantu membuka peluang pasar. Salah satu upaya yang sudah dilakukan memberikan hasil adalah melakukan modifikasi sarung Samarinda. "Kalau harga sarung naik kan ada regenerasi perajin," katanya.

Baca: Gubernur Ini Ingin Tepian Mahakam seperti Singapura

Rencananya, tahun 2016 mendatang akan dilakukan promo Kampung Tenun sebagai destinasi wisata. Namun karena bantuan dana Pemprov Kaltim 2014 lalu tertunda, promo diperkirakan akan mundur.

Untuk jangka panjang, salah satu yang akan diwujudkan adalah memberikan warna agar pemandangan Samarinda lebih bersinar dan hidup di malam hari. Saat ini kata dia, belum ada satupun yang bisa menjadi ikon bersinar.

Di seputaran dermaga Samarinda Seberang nantinya akan dibangun monumen Wakil Presiden RI yang juga Bapak Koperasi Indonesia Muhammad Hatta (Bung Hatta). Patung ini bersinar dan bisa terlihat dari bebagai sisi Samarinda.

Bung Hatta kata Faisal, terkait erat dengan sarung Samarinda. Saat kunjungan Bung Hatta ke Samarinda waktu dulu, motif sarung Samarinda yang dipilih hingga saat ini dinamakan motif belang Bung Hatta.

Halaman
12
Penulis: Doan E Pardede
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About us
Help