Ikan Purba

Ikan Monster, Korban Banjir yang Terjepit di Ram Kawat Pagar

Seekor ikan air tawar longnose gar muda terjepit di antara ram pagar besi akibat terseret arus banjir di Dallas. Ikan monster ini jadi korban banjir.

Ikan Monster, Korban Banjir yang Terjepit di Ram Kawat Pagar
Andrés Ruzo/National Geographic
Ikan longnose gar, termasuk hewan purba yang tetap masih bertahap bentuknya hingga sekarang. 

PADA bulan Mei 2015, perairan di sekitar Dallas, Amerika Serikat,  naik di atas tingkat normal. Sungai Trinity, yang membelah kota, harus menampung begitu besar curah hujan yang volumenya lebih dari dua kali lipat, sekitar 13 meter pada akhir bulan. Terjadilah banjir, rumah-rumah hancur dan nyawa manusia hilang, satwa liar juga terkena imbas arus air yang naik.

Thedodo.com, sebuah situs penyayang binatang, 9 Juli 2015, menuliskan bahwa Andrés Ruzo, seorang geoscientist dan peneliti National Geographic berhasil mengabadikan sebuah foto sangat menarik, berupa seekor ikan yang terbawa arus banjir. Ikan monster itu terjepit di antara ram kawat pagar besi.

Andrés Ruzo/National Geographic

Ternyata ikan ini bukan sembarang ikan, melainkan mahluk dari spesies 100-juta-tahun silam. Meskipun wujudnya tampak mengerikan, tetapi sesungguhnya bukan hewan raksasa malahan sangat kecil di yang hidup di sungai itu. Dia adalah jenis longnose gar muda, masuk jenis ikan air tawar dengan populasi cukup besar lebih dari 100.000 ekor dewasa di Amerika Utara. Meskipun subspesies lain dari ikan gar bisa mencapai hingga 10 kaki panjang (3 meter), ikan khusus ini adalah 2 kaki (sekitar sekitar 0,5 meter saja), rata-rata ukuran subspesies ini.

Dalam  website National Geographic, fotografer itu mencatat bahwa, "Fosil hidup seperti gar adalah sebuah pengingat bahwa dinatara kemajuan zaman yang luar biasa sekarang ini masih muncul mahluk yang hadir dari zaman kuno."

Gar dalam bahasa Anglo-Saxon berarti "tombak". Namun, yaitu satu spesies yang jauh mendahului bahasa Anglo-Saxon. Makhluk ini berenang di Bumi selama 100 juta tahun terakhir tanpa perubahan evolusioner yang signifikan.

Ikan ini bukan satu-satunya mhaluk selain manusia yang menjadi korban banjir. Shelter (tempat penampungan) hewan piaraan sudah sangat penuh, karena tempatnya digunakan untuk menampung hewan korban banjir yang baru.

Reddit/TyneeLips

Warga Austin juga bergitu antusias untuk merawat hewan korban banjir. Berikut adalah gambar dari warga mengantre untuk menjadi orang tua asuh bagi anjing dan kucing yang salah tempat oleh banjir.

Salah satu pusat adopsi memecahkan rekor untuk mengabdopsi heran piaraan  dalam satu bulan sejak pembukaan toko empat tahun lalu: 104 adopsi dalam 30 hari.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana untuk membantu penampungan di Dallas, Dallas Animal Services' Facebook page, Austin Pets Alive!'s Facebook page atau di beberapa lokasi pusat penampungan hewan  Dallas. Silkan klik Adopt-a-Pet.com bila ingin mengadopsi hewan! (priyo suwarno)

Penulis: Priyo Suwarno
Editor: Priyo Suwarno
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About us
Help